PMM UMM Tawarkan Pembelajaran Kondusif Melalui Metode Throwing Snowball di TK ABA 37

Setiap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang memiliki kewajiban dalam melakukan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang memberikan manfaat berkelanjutan di masyarakat itu sendiri. Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang.

Dalam rangka pemenuhan kewajiban tersebut, Kelompok 06 gelombang 04 yang beranggotakan mahasiswa Ilmu Keperawatan, yakni Andry Kartika Basuki selaku Koordinator, dan 4 anggota lainnya, yaitu Juan Fernanda Mahardika, Beta Sekar Yekti Palupi, Zakiyah Rahmawati, dan Dewi Adelia memilih untuk bermitra dengan TK ABA 37 Lowokwaru untuk menjalankan program edukasi bertajuk ”Petualangan kesehatan” menggunakan metode Throwing Snowball. Seluruh siswa-siswi dari TK ABA 37 yang memiliki 4 kelas dan berjumlah 70 anak menerima pembelajaran menggunakan metode yang sama. Masing-masing wali kelas turut mendampingi anak didiknya selama proses kegiatan program kerja PMM berlangsung.

Kelompok yang berada di bawah bimbingan  Cholidah, S.H., M.H. ini memperkenalkan metode Throwing Snowball yang bertujuan untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih efektif dan kondusif melalui pembentukan kelompok-kelompok kecil yang didampingi masing-masing satu anggota PMM saat pembelajaran. Setelah itu siswa-siswi TK ABA 37 akan kembali menjadi satu membentuk lingkaran besar dan melemparkan bola putih sambil bernyanyi, siswa yang mendapatkan bola saat lagu berhenti akan diberikan pertanyaan seputar materi terkait untuk mengukur pemahaman materi.

Metode ini menjadi salah satu solusi mengingat siswa-siswi TK ABA 37 yang memiliki kisaran umur 4-6 tahun yang merupakan masa keemasan seorang anak dalam perkembangan sehingga metode Throwing Snowball diaplikasikan dalam setiap program kerja edukasi kelompok 06 PMM sebagai penunjang agar siswa-siswi dapat lebih fokus melakukan pembelajaran dalam kelompok yang lebih kecil.

Nah, Metode Throwing Snowball sendiri diambil oleh kelompok dari salah satu materi jurusan Ilmu Keperawatan yang diajarkan pada mata kuliah Promosi Kesehatan. Menarik ya, Kawan Muda! Jadi, melalui pengenalan metode ini, diharapkan siswa-siswi di TK ABA 37 menjadi lebih kondusif sehingga edukasi yang disampaikan dapat menjadi lebih tersampaikan dan efektif selama kegiatan belajar mengajar.

Editor: Dewi Adelia (UC Delyn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top