Pelatihan Seru Bersama Gen Z, Membuat Kreasi Sabun Alami dari Eco Enzyme

Setiap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang punya kewajiban untuk melakukan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang memberikan manfaat berkelanjutan di masyarakat itu sendiri. Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang

Dalam rangka pemenuhan kewajiban tersebut, Kelompok 03 gelombang 08 yang beranggotakan mahasiswa Ilmu Komunikasi, Putri Devita selaku Koordinator, dan 4 anggota lainnya, yaitu Delia Sagita, Dafiq Hema, Naufal Rafif, dan Idham Hafidz, berkolaborasi dalam pembuatan produk berdasarkan bahan alami. Di era yang semakin peduli dengan lingkungan, pembuatan eco enzyme jadi salah satu opsi sederhana tapi efektif dalam mengelola sampah organik dan menghasilkan produk ramah lingkungan, loh!

Setelah kelompok 03 melakukan riset pada RT 02 RW 04, lalu mengetahui ada salah satu Masyarakat RT 02, yaitu Bu Anik, yang bisa membuat sabun dari eco enzyme. Maka dari itu, Pelatihan Pembuatan Sabun dari eco enzyme bersama pemuda-pemudi RT 02 dapat bermanfaat untuk pengelolaan sampah organik dan dapat dipasarkan di bazar ataupun sosial media.

Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Minggu 28 Juli 2024 pukul 09.00 WIB, yang diisi oleh pemateri atau mentor dari warga RT 02, yaitu Bu Anik sendiri. Acara ini juga dihadiri oleh, setidaknya, 11 pemuda-pemudi dari RT 02 RW 04. Materi yang dipaparkan, yaitu tentang apa itu eco enzyme, manfaatnya, bahan-bahan yang diperlukan, dan proses pembuatannya. Kemudian mereka langsung mempraktikkan pembuatan  sabun dari eco enzyme mulai dari pemilihan bahan, penyampuran, hingga proses fermentasi. Pemuda-pemudi RT 02 dapat berdiskusi dengan Bu Anik mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pembuatan dan penggunaan sabun eco enzyme.

Dari pelatihan ini, Kelompok 03 berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama pemuda dan pemudi, tentang pentingnya mengelola sampah organik dan memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan, serta memberikan keterampilan kepada pemuda dan pemudi RT 02 RW 04 untuk membuat produk ramah lingkungan secara mandiri. Hasil dari keterampilan ini, bisa dimanfaatkan belajar berwirausaha sekaligus memasarkannya. Kawan Muda, tertarik?

Editor: Dewi Adelia ( UC Delyn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top