Program Pelatihan Inovatif: Pembuatan Tempat Sampah Pintar

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang yang dilakukan secara berkelompok oleh mahasiswa yang bertujuan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar. Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa kepada masyarakat. Kegiatan PMM ini menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai kegiatan positif pada masyarakat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa  (PMM)  ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang.

Adapun anggota kelompok terdiri dari 5 orang yaitu Muh. Dhuhril Luddin Al Farizy, Rafly Agung Haidar Jibran, Jayanti Sita Argyanti, Dinda Ayu Damayanti, dan Kyla Anadilareva, yang berasal dari program studi Teknik Elektro dan Psikologi serta dibimbing oleh Bapak Dana Marasetiya Utama, S.T., M.T. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).  

Tim PMM menyadari akan kurangnya anak-anak Sekolah Dasar untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar mereka, terutama pada saat setelah mereka membeli makanan. Mereka tidak membuang bungkus makanan pada tempat yang sudah disediakan oleh pihak sekolah sehingga mengakibatkan banyak sampah yang berserakan di sekitar lingkungan sekolah terutama sampah plastik.

Dengan memperpadukan tempat sampah dipasaran dengan dilengkapi beberapa komponen elektronik seperti microcontroller ESP32 yang sudah dilengkapi dengan Bluetooth dan Wifi dalam satu modul. Lalu dijual dengan harga yang relatif lebih murah, sehingga membuatnya lebih unggul dari microcontroller lainnya. Tim PMM juga menggunakan servo Emax Es08D yang mana dengan gearnya bisa diberikan beban hingga 1 kg dan tidak lupa dengan komponen Sensor Ultrasonic yang berfungsi sebagai pengirim perintah ke ESP32 yang sudah dilengkapi dengan program Bahasa C di dalamnya agar bisa mengirimkan perintah untuk  menggerakan motor Servo untuk membuka tutup sampah.

Kelompok ini memberikan pelatihan ke anak-anak SD bagaimana cara membuat dan merangkai juga memprogram ESP32 menggunakan Arduino IDE supaya mereka bisa memahami dan membuat sendiri dan bisa menginovasikan lebih bagus lagi, dengan adanya inovasi tempat sampah pintar ini, berhasil membuat anak SD untuk tertarik membuang sampah pada tempatnya sehingga bisa menjaga lingkungan sekitar mereka tetap bersih.

Tidak hanya di SDN Sidoluhur 01, Tim PMM juga membuat pelatihan di balai desa Sidoluhur dengan pesertanya para perangkat desa yang pada akhirnya mereka bisa menerima dengan baik inovasi yang Tim PMM buat. Dengan menginovasikan sebuah barang dengan teknologi yang sedang berkembang pada saat ini kita bisa memecahkan masalah yang sedang terjadi pada saat ini dengan baik dan mudah.

Tim PMM juga sudah membuat video tutorial loh. videonya berisikan proses pembuatannya tempat sampaj pintar. Yuk! langsung tonton videonya sampai akhir, Kawan Muda.

Keren banget ya, Kawan Muda.

Editor: Dewi Adelia (UC Delyn)

Maka Tim PMM ini berinovasi menciptakan alat yang bisa membuat anak-anak tertarik untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar mereka dengan cara membuang sampah pada tempatnya, kelompok membuat alat yang dinamakan “Tempat Sampah Pintar” dan mendesain tempat sampah sebagus mungkin, sehingga membuat anak-anak tertarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top