Kelompok 60 PMM Dorong Daya Saing UMKM dan Kembangkan Tanaman Hidroponik di Desa Krebet

Malang, Kamis (18/07/24) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang di Desa Krebet, Kec. Bululawang . Kegiatan ini dibawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM, dengan didampingi dosen pembimbing Dr Dewi Nurjannah, Dra, MM.

Untuk melaksanakan program ini, DPPM mewajibkan membuat kelompok yang berjumlah maksimal 5 orang. Maka dari itu, Rangga Hadi sebagai Koordinator, Akmal Hardiansyah Andana, M. Al-fatih Mifzal S, M. Faris Mahbubi, dan Azriel fasyanada A tergabung dalam anggota Tim PMM kelompok 60 gelombang 8 yang membawakan program “Materi Digital Marketing dan Penanaman Tanaman Hidroponik”

Program yang pertama yaitu digital marketing. Digital marketing adalah komponen pemasaran yang memanfaatkan internet dan teknologi digital berbasis online seperti komputer desktop, ponsel, dan media digital lainnya. Platform untuk mempromosikan produk dan layanan ini mencakup berbagai strategi dan taktik yang ditujukan untuk menjangkau dan melibatkan target konsumen melalui berbagai saluran digital.  

Di Desa Krebet sendiri banyak UMKM yang belum mengetahui tentang digital marketing, bahwa digital marketing dapat membantu penjualan dan target konsumen yang diinginkan. Digital marketing sangat mudah dipahami dan mudah dilakukan untuk meningkatkan penjualan UMKM tersebut, mulai dari penggunaan Google Maps, Facebook dan platform seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya.

Program yang kedua, yaitu penanaman tanaman hidroponik. Hidroponik adalah metode budidaya tanaman yang memanfaatkan air sebagai media tanam utama, bukan tanah. Dalam sistem ini, nutrisi yang dibutuhkan tanaman dilarutkan dalam air dan disalurkan langsung ke akar tanaman. 

Melalui program tanaman hidroponik dapat membuat warga untuk mulai bercocok tanam dengan menggunakan lahan yang sempit atau lahan yang kecil. Hidroponik sendiri tidak membutuhkan tanah melainkan hanya membutuhkan air untuk sumber tanaman.

Diharapkan untuk masyarakat Desa Krebet dapat memanfaatkan dan menjalankan program-program yang sudah disampaikan oleh PMM kelompok 60 dari Universitas Muhammadiyah Malang agar dapat membuat suatu perubahan terhadap lingkungan dan UMKM yang berada di Desa Krebet.

Editor: Dewi Adelia (UC Delyn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top