Kurikulum Merdeka: Mahasiswa UMM Implementasikan Program P5 di SDN 02 Randuagung

Untuk menggantikan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menawarkan program khusus yang disebut Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). Mahasiswa UMM melakukan pengabdian kepada masyarakat di berbagai tempat di Kota Malang maupun di luar Kota Malang. Bentuk pengabdian dari salah satu kelompok PMM, yakni mengajarkan Kurikulum Merdeka melalui implementasi Profil Pelajar Pancasila (P5) kepada siswa SDN 02 Randuagung. Dengan memperkenalkan ide-ide baru dari Kurikulum Merdeka, program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas pendidikan siswa. Mahasiswa berpartisipasi secara aktif dalam mengajar dan mendampingi siswa-siswi, dan berkolaborasi bersama guru setempat untuk memastikan pencapaian pembelajaran P5 dapat diterima oleh siswa.

Mengulik singkat mengenai SDN 02 Randuagung yang berdiri sejak tahun 2017. Sekolah ini berlokasi di jl. Raya Gang 1 Randuagung RT.02/RW.10, Randuagung, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. SDN 02 Randuagung telah menunjukkan komitmennya untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada siswa-siswinya meskipun sekolah baru.  Memiliki enam kelas dari kelas 1 hingga kelas 6. Ada sekitar 15 hingga 21 siswa per kelas, sehingga dengan jumlah siswa yang sedikit, guru dapat memberikan perhatian yang lebih khusus kepada setiap siswa sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif. 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil mengajarkan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kepada siswa selama dua minggu di SDN 02 Randuagung dengan menggunakan pendekatan pembelajaran visual interaktif yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi aktif. Para siswa mengikuti proses pembelajaran dengan lancar dan dapat menerapkan apa yang mereka pelajari setelah sesi kelas berakhir. 

Selama masa pengabdian, terungkap fakta menarik. Sebagian besar siswa di SDN 02 Randuagung telah memahami dasar-dasar Program P5 karena siswa lebih mudah memahami dan terlibat dalam kegiatan pendidikan yang diberikan, hal ini sangat membantu mahasiswa UMM dalam berinteraksi dan mengajar. 

Mengajarkan siswa Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah langkah penting menuju pembentukan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Program P5 bertujuan untuk mengajarkan siswa kemampuan berpikir kritis dan inovatif sejak usia dini, serta menanamkan nilai-nilai seperti gotong royong, kemandirian, kreativitas, dan kebhinekaan global. 

Melalui pelaksanaan program ini, tidak hanya berusaha meningkatkan kemampuan akademik siswa, tetapi juga menanamkan nilai-nilai moral, sosial, dan etika yang akan membantu mereka menjalani kehidupan sehari-hari. Pengajaran program ini sejak dini memastikan bahwa siswa tidak hanya siap secara intelektual tetapi juga memiliki karakter dan sikap yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di masa depan. 

Editor: Dewi Adelia (UC Delyn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top