3 Tips Agar Kamu Bisa Produktif Tanpa Mengalami Burnout! 

Written by on April 26, 2022

Hai Kawan Muda! gimana nih puasanya udah ada yang bolong belum? Hehe bercanda ya Kawan Muda, semoga puasanya dilancarkan sampai hari terakhir, aaminn. Oiya Kawan Muda pernah nggak sih merasa capek dan stress gara-gara tugas kuliah/kerjaan yang numpuk? Kalau iya, berarti Kawan Muda pernah mengalami yang namanya burnout, nah apa sih burnout itu?

Burnout adalah  keadaan kelelahan emosional, fisik, dan mental yang disebabkan oleh stres berlebihan dan berkepanjangan karena pekerjaan. Kondisi ini terjadi ketika kamu merasa kewalahan, terkuras secara emosional, dan tidak mampu memenuhi tuntutan perkejaan terus-menerus.

Kondisi burnout ini sangat berbahaya lho Kawan Muda, karena kondisi ini bisa bikin kamu diabetes, depresi, dan bahkan bunuh diri.  Kawan Muda nggak mau kan mengalami hal ini cuman karena kerjaan yang numpuk? Nah berikut beberapa tips agar Kawan Muda tidak mengalami burnout!

1. Buat Mindset Kerja-Istirahat-Kerja, Bukan Kerja-Kerja-Tipes!

Sesuatu yang dikerjakan secara berlebihan dan terus-menerus pasti bikin Kawan Muda stress dan bosan. Sama halnya dengan pekerjaan, kalau Kawan Muda kerja-kerja terus tanpa istirahat, Kawan Muda bisa sakit dan stress. Inget ya Kawan Muda, don’t go hard on yourself, everyone needs a rest, and so do you.

2. Focus On Yourself!

Terkadang kita selalu merasa tertinggal dengan melihat pencapaian orang-orang disekitar kita, karena itu biasanya kita memaksakan tubuh kita agar terus produktif di setiap waktu. Coba deh Kawan Muda fokus ke dirimu sendiri, jangan fokus ke orang lain, karena yang menentukan goals dan tujuanmu itu bukan orang lain, tapi kamu sendiri.

3. Don’t be Afraid to Say “No”

Inget ya Kawan Muda, kamu itu berhak bilang “iya” atau “tidak”, kalau Kawan Muda capek, jangan bilang “iya” ke ajakan semua orang. Kawan Muda harus berani bilang “tidak” buat kesehatan mentalmu, percuma kan Kawan Muda punya banyak teman tapi kesehatan mentalmu terganggu?

Penulis: Rangga

Editor: Diva


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



[There are no radio stations in the database]