Peran Mahasiswa PMM UMM pada Program Pantipreneur dalam Mengembangkan Kreativitas dan Kewirausahaan Anak-anak Panti Asuhan Al-Husna Malang

Berhubungan dengan berlangsungnya kegiatan PMM (Program Pengabdian Masyarakat) yang akan dilaksanakan sebagai bentuk kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa dimana kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Salah satunya seperti yang dilakukan oleh kelompok 49 gelombang 12 pada PMM Bhaktiku Negeri dengan dosen pembimbing Viajeng Purnama Putri, S.E., M.M dan beranggontakan Jefri Irwanda, Yulika Wahyu Mara Rizka, Ferdiansyah Septiano Nurfatoni dan Dinda Vinolya Sari yang dimana kelompok ini menghadirkan program pantipreneur bagi anak-anak Panti Asuhan Al-Husna yang berlokasi di Landungsari, Kecamatan Dau, Malang. Pada kegiatan ini berfokus untuk mengenalkan dan mengajak mereka dalam kegiatan kewirausahaan.

Secara bersama-sama berawal dengan memberikan materi serta edukasi pengenalan mengenai apa itu berwirausaha mulai dari kegiatan produksi sampai dengan pemasaran. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan kegiatan pembuatan produk kreatif bernilai jual terutama barang-barang kerajinan sesuai dengan minat dan ide kreatif yang mereka miliki. Dengan adanya tim pengbadi sebagai jembatan pada program pantipreneur ini diharapkan anak-anak panti asuhan Al-Husna bisa mengenal dan berpraktik di dalam kegiatan berwirausaha.

Produk kerajinan tangan seperti gelang, kalung, cincin, tasbih maupun produk kreatif lainnya menjadi hasil produk kreatif yang mereka praktiktan, dengan memberikan beberapa tutorial dan juga contoh produk yang telah kami siapkan sebagai panduan untuk mereka berkreasi dan juga mendesain produk sesuai keinginan dan juga ide yang mereka miliki. Setelah melakukan produksi, tim pengabdi mengajak anak-anak Panti Asuhan Al-Husna untuk menetukan harga, desain pengemasan, logo usaha, saluran pemasaran khususnya e-commerce, dan juga melakukan cek kualitas terhadap produk yang telah dihasilkan dan juga akan dipasarkan.

Itulah pelaksanaan program pantiprenuer yang dihadirkan oleh tim PMM UMM kepada anak-anak panti asuhan Al-Husna, Malang yang dimana dengan adanya program pantipreneur ini diharapkan bisa menjadi pijakan awal mereka untuk mengenal dan juga berpraktik menyalurkan ide dan minat mereka menjadi suatu hasil yang mampu memiliki nilai jual. Di sisi lain diharapkan pula program pantipreneur ini bisa menjadi program yang terus dijalankan oleh anak-anak Panti Asuhan Al-Husna dan juga program ini dapat menjadi program berkelanjutan dan dapat diteruskan oleh kelompok PMM selanjutnya sebagai program produktif untuk memanfaatkan SDM yang ada di dalam Panti Asuhan Al-Husna.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top