Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Botol Plastik untuk Perabotan Futnitur Kursi di Desa Kendalpayak

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Salah satunya yang dilakukan oleh kelompok 29 gelombang 13 pada hari Kamis, 30 Januari 2023. Dengan beranggotakan Yudistira Abi Al Khafydz, Zainun Walit, Ricky Chandra Fauzi, Eko Hermawan, dan Muhammad Rivaldi Asyhari yang berasal dari Fakultas Teknik.

Mereka melakukan pemaafaatan hasil pengelolahan limbah untuk membantu rumah tangga, guna mengurangi jumlah sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Sehingga proses pengelolaan sampah yang berlangsung lebih bermanfaat bagi desa Kendalpayak, untuk melakukan pemanfaatan sampah, yang akan dikelola secara terus menerus oleh perangkat desa kedepannya.

Di awal praktek dilakukan, yang pertama ialah mereka mengumpulkan botol minuman dengan merek yang sama, agar didaparkan ukuran serta bentuk yang serupa. Setelah itu botol-botol tersebut dikumpulkan dan direkatkan menjadi satu menggunakan lakban sebagai langkah kedua. Langkah ketiga, sampah yang telah tersusun diberi atasan dan bawahan triplek untuk disatukan. Setelah itu pada lapisan atas triplek diberi sponge dan diselimuti kain untuk direkatkan pada bagian bawah dan diberi kakian agar terlihat aesthetic. Sebagai langkah terakhir, produk tersebut dapat dipasarkan melalui platform digital maupun dipajang di kantor TPS.

Itulah kegiatan PMM yang dilakukan oleh kelompok 29 gelombang 13. Dimulai dari Pemanfaatan sampah botol plastik di TPS Desa Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Diharapkan kegiatan yang telah dilakukan dapat menimbulkan banyak manfaat dan kemudahan bagi masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top