PMM UMM Kenalkan Ragam Hijau Tumbuhan melalui Program Vertical Garden

Program ini merupakan bentuk edukasi Mahasiswa dalam memperkenalkan berbagai macam tumbuhan yang berada di sekitar kita terhadap Murid KB Aisyiyah 02 Dau. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Selasa tanggal  8 Agustus 2023 yang tidak hanya berisikan pemberian materi mengenai nama-nama tumbuhan beserta manfaatnya, tetapi juga mengajak seluruh murid untuk belajar menjaga dan memanfaatkan tumbuhan dengan baik. Program Vertical Garden juga dilakukan agar para murid mampu memperoleh pengetahuan tambahan mengenai lingkungan, terutama tumbuhan di sekitarnya. Adanya program Vertical Garden yang diselenggarakan oleh PMM Bhaktiku Negeri Gelombang 4 Kelompok 53 terinspirasi dari taman yang kurang terawat sehingga kami memberikan solusi agar sekolah KB Aisyiyah 2 Dau menjadi rindang dan mendukung menjadi sekolah alam.

Melalui Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), mahasiswa Kelompok 53, Gelombang 04, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang beranggotakan Farah Fauziah Budiman, Azizul Quzaimah Rahajeng, Kania Putri Kinanti, Dinda Nurfaizah, Tegar Gilang Ramadhan dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) yaitu Ibu Viajeng Purnama Putri, S.E., M.M memberikan kontribusi melalui program Vertical Garden. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Tujuan dari Kegiatan Edukasi ini

Adapun tujuan PMM ini dijadikan sebagai wadah bagi para mahasiswa dalam menyalurkan kegiatan positif dengan Program Vertical Garden mengajak para Murid untuk menanam bunga serta sayur-sayuran menggunakan bahan bekas seperti botol plastik yang dapat digunakan kembali. Setiap siswa mendapatkan tugas untuk mengumpulkan botol bekas yang sudah tidak digunakan untuk dipotong, dan dihias secara kreatif melalui cat maupun lukisan. Hal ini dilakukan sekaligus untuk meningkatkan kreativitas serta inovasi siswa dalam mengubah benda bekas menjadi barang yang menarik, enak dipandang, dan dapat digunakan kembali. Setiap botol bekas yang sudah dihias, kemudian dijadikan sebagai tempat dalam menanam bunga dan sayuran. Seluruh bunga dan sayuran yang berhasil ditanam tersebut kemudian disusun secara vertikal di halaman sekolah KB Aisyiyah 2 Dau.

Komitmen serta Antusias yang Besar Selama Proses Kegiatan Edukasi Berlangsung

Melalui program Vertical Garden ini para Mahasiswa, Guru, bersama dengan Murid KB Aisyiyah 2 Dau berkomitmen dalam memberikan kontribusi terhadap lingkungan, terutama tumbuhan yang berada di sekitar kita, khususnya bagi para Murid yang belum memiliki pemahaman cukup mengenai tumbuhan. Dalam pelaksanaan program Vertical Garden, seluruh Murid termasuk para Guru sangat antusias dalam berkontribusi untuk menanam tumbuhan yang telah diselenggarakan oleh Mahasiswa PMM Bhaktiku Negeri Gelombang 4 Kelompok 53 Universitas Muhammadiyah Malang. Sedari awal, program ini memang dilakukan agar dapat memberikan dampak positif terhadap Murid dalam mengenal setiap jenis tumbuhan, mengidentifikasi berbagai warna tumbuhan, merawat tumbuhan, hingga cara memanfaatkan tumbuhan di sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Tumbuhan yang telah ditanam akan dijaga sekaligus dimanfaatkan secara bersama-sama oleh warga sekolah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top