Penutupan PMM UMM di Mentaraman: Merajut Benang Komunikasi Menuju Sukses

Penutupan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di SDN 3 Arjosari Dusun Mentarman resmi ditutup oleh Ibu Ninik Warsini S.Pdi selaku kepala sekolah pada Kamis, 24 agustus 2023. Penutupan juga dihadiri oleh jajaran guru lainnya. Penutupan dilakukan dengan penyerahan cinderamata dan juga fasilitas lain seperti taplak meja.

Pelaksanaan program kerja PMM UMM kelompok 176 telah sukses dilaksanakan di tiga tempat yang ditentukan yakni SDN 3 Arjosari, TPQ Al-Ikhlas dan Warga Dusun Mentaraman. Program kerja yang sudah dilaksanakan sebagai berikut Melatih skill public speaking, Meningkatkan rasa percaya diri, Pengenalan diri yang baik pada siswa SDN 3 Arjosari, Menggambar, Menonton film edukasi dan menceritakan Kembali, Semangat mengaji Bersama santri TPQ Al-Ikhlas, Belajar dan bernyanyi doa sehari-hari, Menanam di dusun mentaraman, Makan Bersama warga dan Memberikan mushollah Hidayatul Ummah. Terdapat 3 tempat untuk melaksanakan kegiatan ini, namun kami lebih berfokus pada sekolah, yang mana program kerja ini kami usung tema ”Upaya Pengenalan Strategi untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Terhadap Anak-Anak di Dusun Mentaraman Melalui Program Pelatihan Komunikasi dan Public Speaking”. Dimana dengan ini kami mengajarkan kepada anak-anak bagaimana cara mereka belajar untuk tidak takut ketika berada didepan umum, dan cara mereka meningkatkan kepercayaan diri dengan lingkungannya. Hal ini memang perlu diajarkan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan mereka agar bisa membantu dimasa depannya nanti.

Dalam sambutan dimulai dari kepala sekolah yang menyampaikan “Rasa terima kasih kepada kakak PMM Universitas Muhammadiyah Malang yang telah memilih SDN 3 Arjosari dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Ibu Ninik Warsini berharap semoga ilmu yang diberikan bisa bermanfaat dan diterapkan oleh anak-anak dan kakak PMM semoga dilancarkan kuliahnya sampai dengan selesai, dan semoga langkah ini bisa menjadi jalan kesuksesan kakak-kakak semua kedepannya”. Usai sambutan oleh kepala sekolah dilanjutkan sambutan oleh koordinator kelompok 176 gelombang 5 PMM UMM.

“Sebelumnya, saya selaku perwakilan dari kelompok PMM (Pengabdian Masyarakat Mahasiswa) UMM, mengucapkan terimakasih banyak sudah menerima kami dan meluangkan waktu untuk hadir dalam acara penutupan PMM UMM. Kami merasa sangat senang dan terhormat telah diberikan kesempatan untuk menyampaikan program di SDN 3 Arjosari. Kami merasa sangat berterimakasih telah diterima dengan begitu baik. Terimakasih kepada bu Ninik yang sudah menyempatkan waktu ditengah kesibukan njenengan, terimakasih kepada pak Sugiyat dan bu Malika yang telah membantu kami mempersiapkan dan berkoordinasi dalam melakukan program di SDN 3 Arjosari. Sekian ucapan terimakasih dari kami.”

Setelah sambutan, dilanjutkan penyerahan cinderamata oleh koordinator kelompok 176 kepada Ibu Ninik Warsini S.Pdi. Cinderamata diberikan sebagai tanda terima kasih kami kepada SDN 3 Arjosari, yang telah memberikan kesempatan untuk kami mengabdi menggali ilmu. Selain itu, kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) ini sebagai wadah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Setelah itu, dilanjutkan dengan pemutaran video dokumentasi selama kami melaksankan kegiatan PMM di Dusun Mentarman. Selama penayangan video, semua yang berada diruangan merasa haru karena tak terasa kami akan meninggalkan tempat ini dengan penuh suka cita. Banyak kenangan yang harus ditinggalkan, karena harus meninggalkan anak-anak yang mana kita sudah saling sayang satu sama lain.

Semoga kita tetap menjalin silaturahmi sampai kapan pun. Sebelum acara selesai, ada sedikit sambutan yang disampaikan oleh Pak Sugiyat dan Ibu Malika selaku guru SDN 3 Arjosari. Pesan dari ibu bapak “semoga kakak-kakak kedepannya sukses selalu dan kita bisa bertemu di lain waktu lagi, kita harus tetap menjalin tali silaturahmi walupun kakak sudah menyelesaikan kegiatan PMM ini. Selain itu terimakasih atas kehadirannya, karena kegiatan semacam ini sangat-sangat dibutuhkan di SDN 3 Arjosari. Pak Sugiyat juga berharap kedepannya akan lebih banyak lagi yang melaksanakan program semacam ini di SDN 3 Arjosari.”

Usai acara penutupan selesai, kami langsung bersalam-salaman dan melakukan sesi dokumentasi bersama kepala sekolah dan jajaran guru. Kami juga pamitan dengan anak-anak sebelum acara penutupan dimulai, semuanya berbaris untuk sesi cium tangan dan ucapan selamat tinggal kepada kakak-kakak PMM, karena mulai besok kita sudah tidak bertemu untuk belajar dan bermain Bersama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top