Lestarikan Kesenian Asli Jawa Timur Mahasiswa PMM UMM Ajak Siswa SDN 2 Ngijo Tarikan Tari Jaranan

Potret : Siswa SDN 2 Ngijo Ketika Menarikan Tari Jaranan Bersama PMM UMM Kelompok 186 Gelombang 6

Tari Jaranan merupakan tarian daerah asli Jawa Timur yang dimainkan oleh para penari dengan menaiki kuda tiruan yang terbuat dari anyaman bambu. Tari Jaranan menjadi tarian yang sering dijadikan pertunjukkan di berbagai acara hajatan maupun acara perayaan lain di daerah Jawa Timur. Misalnya dalam acara karnaval atau bersih desa. Properti Tari Jaranan seperti kuda lumping, pecut, gongseng (gelang kaki).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan tari Jaranan pada Rabu, 23 Agustus 2023 di SD Negeri 2 Ngijo Karang Ploso, Kabupaten Malang. Kegiatan ini adalah salah satu rangkaian program PMM dengan tema Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Literasi dan Pengenalan Budaya Daerah.

Dengan beranggotakan Anggun Dwi Aprilia  (koordinator), Dhea Nawang Wulan, Salsabillah Permata Ninda, Priskiela Dwi Jayanty, dan Berliana Dwi Putri. Tujuan dari pelatihan Tari Jaranan bagi siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri 2 Ngijo yaitu untuk memperkenalkan tarian daerah Indonesia dan melestarikan kebudayaan tari daerah Jawa Timur.

Potret : Siswa SDN 2 Ngijo Ketika Mempraktikkan Tari Jaranan yang Telah Diajarkan

Sebagai generasi muda wajib untuk mengetahui dan mempelajari beragam tarian daerah yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, kami sebagai mahasiswa melalui program PMM ini mengajak siswa sekolah dasar untuk mengikuti kegiatan menari daerah demi terbentuknya generasi muda yang memiliki kesadaran akan pentingnya melestarikan budaya Indonesia salah satunya yaitu seni tari.

Kelompok 186 berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan memberikan pengaruh yang positif kepada siswa siswi SD Negeri 2 Ngijo. Selain itu kami juga berharap apa yang telah kami laksanakan dalam semarak Tari Jaranan dapat dikembangkan seterusnya oleh para siswa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top