Tumbuhkan Rasa Cinta Budaya dan Lingkungan pada Siswa-siswi SDN Bulukerto 03 Batu Melalui Topeng Budaya

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan PMM tersebut dilakukan oleh Kelompok 111 gelombang 6 yang diketuai oleh Muhammad Nabil dengan program studi (prodi) Manajemen, Ersa Kartika Dahliani dan Alifio Fanazabel Akbar dengan prodi Ilmu Komunikasi, Areta Rahma Safitri dengan prodi Psikologi, serta Pragata Ridha Sabila dengan prodi Hubungan Internasional.

Tim PMM Kelompok 111, Bimantara tersebut melakukan kegiatan yang bertempat di SDN Bulukerto 03, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan yang mengusung nama “Workshop Topeng Bubur Kertas” dilakukan pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Kegiatan workshop yang diadakan pun memiliki tujuan agar meningkatkan dan menanamkan lebih dalam nilai-nilai kebudayaan serta rasa peduli terhadap lingkungan pada Siswa-siswi SDN Bulukerto 03. Kegiatan tersebut pun tentunya dihadiri oleh Siswa-siswi SDN Bulukerto 03 dan juga   anggota dari Tim PMM Kelompok 111.

Rangkaian dan program-program kerja pun dilakukan oleh Tim PMM Bimantara, salah satunya adalah program kerja Topeng Budaya. Di mana Tim Bimantara menghadirkan topeng-topeng khas Malangan, kemudian topeng-topeng tersebut diberikan pada Siswa-Siswi SDN Bulukerto 03 yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kemudian diberi cat atau pewarna.

Program tersebut diawali dengan Tim PMM Bimantara terlebih dahulu menjelaskan mengenai budaya Topeng Malang. Mulai dari karakter, tokoh pencetus, serta cara pembuatan topeng-topeng tersebut. Topeng yang terbuat dari limbah kertas atau bubur kertas ini disebutkan sebagai salah satu langkah menjaga lingkungan, dengan mendaur ulang bahan kertas yang tidak terpakai. Hal tersebut diharapkan dapat memunculkan banyak ide kreatif pada siswa-siswi SDN Bulukerto 03.

Seluruh siswa-siswi terlihat banyak menuangkan ide masing-masing dan bekerja sama dalam memberikan sentuhan warna. Setelah waktu yang diberikan dirasa cukup, mulai banyak kelompok yang mendeklarasikan bahwa topeng miliknya telah selesai tahap pewarnaan. Setelah proses pewarnaan selesai, dilanjutkan diberi arahan untuk dijemur di Gazebo milik SDN Bulukerto 03. Untuk hasil final, topeng-topeng yang telah melalui proses pewarnaan dan pengeringan dijadikan pajangan dalam masing-masing kelas.

Diharapkan, dari workshop yang telah dilakukan antara Tim PMM Bimantara dengan siswa-siswi SDN Bulukerto 03, menjadi bekal agar nantinya bisa semakin banyak memunculkan generasi yang lebih mengenal dan cinta terhadap budaya sendiri serta dapat menghargai lingkungan di sekitar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top