Bermula dari Hobi, Merajut Bisa Jadi Bisnis!

Source: Instagram @ini.rajutanku

Di beberapa bulan terakhir, merajut lagi ramai banget, nih di Kota Malang. Mulai dari produk sampai workshopnya, lagi disukai banget di banyak kalangan, terutama anak muda. Kalau Kawan Muda, termasuk salah satunya juga nggak, nih?

Selain menorehkan prestasi di akademik, banyak dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang juga jago nih dalam berbisnis. Salah satu mahasiswa program studi Teknik Industri, Wient Ramadhani yang lebih akrab disapa dengan Wiwin, yang  telah menekuni rajutan dari adanya virus Covid-19 di tahun 2020.

Bermula dari kebosanan dan bingung mau melakukan apa, ia ingin mencari hobi baru selain hobi membaca. Akhirnya, ia memutuskan untuk mengisi waktu luangnya dengan merajut berbekal video dari platform media sosial dan belajar secara otodidak.

Berjalannya waktu hingga saat ini, ia telah berhasil menjadi owner dari akun Instagram @ini.rajutanku dan telah beberapa kali berkolaborasi dengan event organizer untuk membuka workshop yang saat ini sedang ramai diminati oleh banyak kalangan masyarakat.

Dengan usianya yang masih muda, Kak Wiwin juga mengadakan workshop nggak hanya di Malang aja nih Kawan Muda, tapi sudah sampai di Kota Surabaya, lho!

Kak Wiwin di saat pertama kali membuka workshop, ia juga masih merasa agak takut, karena merajut bukan hal yang mudah dan nggak bisa diajarkan di waktu yang singkat, yaitu 2 jam. Dari hal itu, akhirnya Kak Wiwin membatasi workshopnya dengan jumlah peserta 10 sampai 15 orang.

Dari workshopnya tersebut, Kak Wiwin mengakui kalau banyak peluang yang ia bisa dapat, mulai dari penghasilan, rasa percaya diri, sampai relasi yang didapat. Nggak hanya workshop saja, produk yang dijual Kak Wiwin juga beragam dan super lucu banget! Mulai dari boneka crochet, pouch crochet, dan tas crochet.

Source: Instagram @ini.rajutanku

Untuk sekarang ini, Kak Wiwin masih hanya membuka workshop merajut tas, tetapi ia juga mempunyai rencana untuk membuka workshop selain merajut tas. Maka dari itu, Kak Wiwin akan terus berusaha dan berinovasi agar selalu dapat berkembang dalam menjalankan usaha rajutan miliknya. 

Wah, menginspirasi banget nggak sih cerita Kak Wiwin ini? Bermula dari hobi aja nih bisa dapat banyak banget peluang dan pengalaman. Buat Kawan Muda yang punya hobi juga, tekuni terus ya! selalu semangat, karena siapa tahu di masa depan hobi Kawan Muda bisa jadi ladang cuan dan bermanfaat buat banyak orang.

Penulis: Triami (UC Amii)

Editor: Clarisa Astri P. P (UC Clairie)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top