Peningkatan Minat Terhadap Pertanian oleh Mahasiswa UMM pada Anak-Anak Desa Kuripansari

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu agenda wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa aktif di Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat sehingga mahasiswa diharapkan dapat terjun berperan aktif dalam meningkatkan suatu sumber daya manusia. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam kesempatan kali ini kelompok 12 gelombang 8 yang beranggotakan 5 mahasiswa fakultas psikologi yaitu M.Shiddiq Prabowo sebagai koordinator kelompok, Yoga Dwi Wardhana sebagai hubungan masyarakat, Riyo Anaka Pratama sebagai sie dokumentasi, Rico Dwi Nurdianto sebagai sie perlengkapan dan Fadma Arum Ginayuh sebagai bendahara, serta didampingi oleh Dosen Pembimbing (DPL) Ardik Praharjo, A.AB., M. AB.

Kawan Muda, inilah salah satu kegiatan utama yang dilakukan oleh kelompok 12 yaitu mengedukasi tentang pembibitan tanaman sayur, pembuatan kompos organik serta pengenalan jenis tanaman pada anak-anak. Kegiatan ini dikemas dengan nuansa penjelajahan alam guna untuk menarik minat anak-anak. Mayoritas mata pencaharian masyarakat desa kuripansari, adalah hasil pertanian maupun perkebunan. Seiring dengan perkembangan zaman bidang pertanian dan perkebunan kurang diminati oleh kalangan muda, dikarenakan beberapa faktor, salah satunya kurangnya minat dalam bidang pertanian dan lebih memilih bekerja dipabrik. Kurangnya pengetahuan anak desa Kuripansari mengenai jenis-jenis tenaman serta pemamfaatan sampah bekas organik, menjadi salah satu fokus kami untuk melakukan kegiatan ini yang nantinya diharapkan anak anak desa Kuripansari, memperoleh ilmu tentang tanaman sayuran serta pemanfaatan sampah organik menjadi pupuk kompos sehingga dapat melestarikan alam dengan baik.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Kuripansari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada tanggal 4 Februari 2024. Pada kegiatan ini menghadirkan narasumber yang cukup ahli dalam bidangnya, untuk memberi materi yang tepat pada anak-anak yaitu Kak Evita Dwi Yustikasari S. Agr. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB agenda yang pertama yaitu, pembuatan pupuk kompos organik, Kak Evita sebagai narasumber menjelaskan bahan dan langkah-langkah serta mempraktekkan pembuatan pupuk kompos organik kepada anak-anak. wahh, menarik sekali ya, Kawan Muda.

Setelah praktek pembuatan pupuk telah selesai, Kak Evita kembali menjelaskan tentang cara pembibitan tanaman cabe dan terong yang baik, kali ini anak-anak diminta untuk mencoba menanam pada tempat yang telah disediakan, setiap anak diberi beberapa bibit tanaman yang nantinya anak mereka tanam sendiri. Anak-anak terlihat sangat antusias untuk meletakkan bibit tanaman, karena memang ini pengalaman pertama mereka menanam bibit tanaman dipupuk kompos organik.

Setelah sesi pembibitan tanaman telah selesai dilakukan, selanjutnya anak-anak diminta untuk membuat kelompok serta dibagikan buku yang berisi gambar dan deskripsi tanaman, yang biasanya mudah dijumpai disekitar area persawahan. Pada sesi ini anak-anak diberi tugas untuk mencari tanaman, yang sesuai dengan gambar yang ada didalam buku. Pencarian tanaman oleh anak-anak ini sambil berjalan menjelajahi area persawahan hingga sungai yang ada di Desa Kuripansari

Setelah semua sesi kegiatan telah selesai dilaksakan, selanjutnya adalah sesi makan siang, dimana sesi ini sangat berbeda dengan makan anak-anak dirumah, karena makanan yang kami sediakan adalah makanan jadul yaitu nasi jagung, yang dihidangkan diatas daun pisang dan dimakan bersama-sama tentunya. Hal ini dapat menambah rasa kekeluargaan diantara anak-anak Desa Kuripansari.

Kegiatan ini sesuai dengan program kerja kegiatan PMM kelompok 12 gelombang 8. Sehingga dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan menumbuhkan rasa minat pada bidang pertanian dan rasa peduli anak-anak terhadap lingkungan, serta dapat memanfaatkan limbah organik sebagai pupuk kompos organik yang sangat berguna bagi tanaman, besar harapan kelompok 12 kepada anak-anak ini sebagai penerus, untuk dapat benar-benar memanfaatkan ilmu yang telah mereka peroleh pada kegiatan ini. Kegiatan yang sangat postif dan menarik sekali ya, Kawan Muda program kerja dari kelompok 12 gelombang 8 ini.

Editor: Fadhila Naili (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top