Pelatihan Perawatan Jeruk dan Pemasaran Melalui Media Sosial Bersama Mahasiswa PMM UMM

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang, salah satu kegiatan positif yang hingga saat ini masih berjalan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. Pada kegiatan pengabdian ini dilaksanakan oleh kelompok 104 dengan kegiatan “Pelatihan Pemasaran melalui Sosial Media” yang dilakukan di Wisata Petik Jeruk Selorejo. Pada kegiatan pengabdian ini diampu oleh dosen mata kuliah yaitu ibu  Indri Wahyuningsih, S.Kep. Ns., M.Kep.

Kawan Muda, dalam mengembangkan usaha pertanian salah satu langkah paling inovatif yang bisa dilakukan yaitu pemasaran melalui media sosial dan juga melalui pelatihan pertanian seperti perawatan jeruk. Nah kali ini pada tanggal  19 Januari 2024 hingga 20 February 2024Seperti yang telah dilakukan oleh kelompok 104 dalam kegiatan pengabdiannya kepada masyarakat  dimana dapat menjadi agen perubahan yang mempelajari dan mengimplementasikan strategi perawatan jeruk yang efektif serta teknik pemasaran yang modern melalui platform media sosial. Dimana kita tahu bahwa, media sosial sangat berdampak sekali dalam kehidupan kita, maka dari itu dengan teknik pemasaran ini dapat mempermudah para petani lokal kebun jeruk Selorejo, dalam memperkenalkan hasil dari Perkebunan mereka.

Pada topik kegiatan ini, menjelaskan bagaimana pelatihan dalam perawatan jeruk dapat memberikan dampak yang sangat positif bagi mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang, selain itu juga dengan adanya kegitan ini dapat meningkatkan kontribusi dalam mengembangkan sektor pertanian lokal yang ada di kebun jeruk Selorejo. Maka dari itu tujuan dari kelompok 104, untuk berkerjasama dengan para petani-petani kebun jeruk Selorejo dalam memasarkan produk mereka melalui sosial media, agar produk mereka lebih diketahui lagi oleh khalayak luas.

Nah Kawan Muda, anggota yang turut aktif dan terjun langsung dalam kegiatan PMM dari kelompok 104 ini yaitu, Muhammad Rafli Rizky Pradana (Hubungan Internasional), Lintang Raka Abdi Taksaka (Hubungan Internasional), Davis Dwi Sesar (Hubungan Internasional), Rapri Candra Pangestu (Ilmu Komunikasi) dan Muhammad Raihan Rizky Nurhadi (Ilmu Komunikasi).

Wah, kegiatan yang sangat seru banget ya Kawan Muda, dimana bisa terjun langsung berpatisipasi dengan petani-petani kebun jeruk Selorejo dan pastinya belajar banyak juga mengenai perkebunan kebun jeruk, selain itu berdampak positif juga pada petani-petani kebun jeruk Selorejo karena sudah membritahu dan mengajarkan pemasaran melalui media sosial.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top