Penerapan Profil Karakter Pelajar Pancasila di SD Negeri Pendem 01

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan yang dilakukan secara berkelompok berisi 5 orang Mahasiswa yang terdiri dari Gusti Ardian Rivandi Prananda, Aditya Pratama, Al Ghifani Zulkarnain, Tamara Putri Zalianty Agustin, Azzahra Egilia Salsabilla yang dibimbing oleh Ibu Dr. Erna Yayuk.S.Pd.,M.Pd. Mempunyai program kerja tentang Penerapan Karakter Pelajar Pancasila di SD Negeri Pendem 01, juga Edukasi Paham Hukum di desa Tumpak Pelem. Profil Pelajar Pancasila merujuk pada pembentukan karakter pelajar. 

Di dalam Profil Pelajar Pancasila, terdapat 6 dimensi yang harus dicapai peserta didik, yaitu Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Kreatif, Bernalar Kritis, dan Mandiri. Tujuan Paham Hukum yang disosialisasikan untuk Karang Taruna desa Tumpak Pelem adalah untuk membuat lebih peka terhadap tindakan dengan lebih memikir efek dari tindakan tersebut untuk kedepannya bagi mereka untuk menjaga ketertiban, kedamaian, ketenteraman, dan keadilan dapat diwujudkan dalam pergaulan antar sesama.

Dengan mengembangkan proyek Profil Pelajar Pancasila serta Paham Hukum untuk Karang Taruna desa Tumpak Pelem, diharapkan lebih memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila sebagai landasan negara Indonesia. Masyarakat akan belajar tentang nilai-nilai seperti keadilan, persatuan, kesetaraan, dan kemanusiaan yang merupakan dasar dari Pancasila. Disatu sisi Siswa-Siswi dan Karang Taruna tersebut akan belajar untuk saling menghargai perbedaan dan bersikap toleran terhadap keberagaman di antara mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan sosial dan emosional, seperti kemampuan untuk berkomunikasi, bekerja sama, dan menyelesaikan masalah. Kemudian disisi lain juga pengembangan Profil Pelajar Pancasila memanfaatkan teknologi dalam membuat profil siswa. Hal ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan teknologi yang sangat penting di era digital seperti sekarang ini. 

Harapannya setelah dilaksanakannya Program Kerja ini agar para siswa-siswi dan para Karang Taruna desa Tumpak Pelem mempunyai kesadaran terhadap pentingnya Profil Pelajar Pancasila dan Paham Hukum Tersebut agar mereka dapat menjadi calon-calon generasi emas di masa mendatang serta dapat memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan mereka.

Editor: Dhivanni Estina (UC Cia)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top