Upaya Pengembangan Skill Public Speaking Melalui Lomba Pidato Pada Anak-anak Sanggar Boyang

Pidato merupakan cara seseorang berbicara di hadapan umum dengan menyampaikan ide, gagasan atau pesan untuk mempengaruhi para audiens. Pidato menjadi pilihan bagi kelompok 65 gelombang 5 dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), dengan memberikan pendidikan public speaking kepada anak-anak Sanggar Boyang. Dalam menjalankan programnya, kegiatan pidato juga dikemas menjadi kegiatan yang dilombakan dan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 05 Februari 2024. Kegiatan ini diampu oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) yaitu ibu Widiya Yutanti, S.Sos, M.A.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang, merupakan suatu agenda yang wajib dilakukan bagi semua mahasiswa yang sedang aktif di universitas tersebut sebagai salah satu syarat kelulusan. Kegiatan ini merupakan suatu bentuk kontribusi mahasiswa kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh  kelompok 65 gelombang 5 selama tiga minggu mulai tanggal 19 Januari hingga 08 Februari 2024. PMM ini menjadi sarana bagi para mahasiswa untuk menyalurkan berbagai kegiatan positif kepada masyarakat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan lomba pidato yang dilakukan oleh anak-anak Sanggar Boyang, sebagai upaya untuk mengembangkan skill public speaking pada anak usia muda. Pidato dipilih karena dalam praktiknya melibatkan banyak aspek penting untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum, salah satunya rasa kepercayaan diri dan berani tampil. Dilakukannya kegiatan ini, bertujuan agar skill public speaking pada anak-anak Sanggar Boyang semakin tergali.

Lomba pidato dilaksanakan di Sanggar Boyang yang berada di Jl. Gebyak Kedul, RT.3/RW.13, Magersari, Tanjungtirto, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terdapat anggota dari kelompok 65 yang turut aktif dan terjun langsung dalam kegiatan ini, yaitu Nadia Alexandra Rizal (2021-347), Resha Pramudya Putra (2021-325), Adelia Natasha (2021-338), Clarisa Astri P. P (2021-339), dan  Lovena Artha M. W (2021-345).

Memiliki judul dan topik yang berbeda, anak-anak Sanggar Boyang mampu menjalani lomba pidato untuk meningkatkan skill public speaking mereka. Judul yang disampaikan yaitu Hari Kemerdekaan, Hari Guru, Bahaya Narkoba, Perayaan Maulid Nabi, Menghargai Perbedaan, hingga Waspada Terhadap Makanan Tidak Sehat. Dengan penilaian yang sesuai dari juri yakni pak Wanta Jati selaku pemilik Sanggar Boyang dan ketua kelompok 65, juara dari lomba pidato mendapatkan apresiasi berupa hadiah. Wah, menarik sekali ya Kawan Muda, kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh kelompok 65 gelombnag 5 ini.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top