Meningkatkan Kepedulian Lingkungan dan Pemanfaatan Teknologi dalam Pemasaran UMKM Masyarakat Desa Wajak Lor

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan sebutan PMM ini merupakan kegiatan wajib bersifat positif yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang. Tentunya kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa aktif dan mereka diarahkan untuk terjun langsung di lapangan untuk mengabdi kepada masyarakat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang.

Dalam kegiatan PMM ini, salah satu kelompok yaitu kelompok 41 gelombang 6, yang beranggotakan Diva Bagus Adittya, M. Hanif An Nabawi, M. Nahru Haqiqi, Muhammad Zhafran Ayubar, dan Rangga Eka Syahputra yang kelimanya merupakan mahasiswa program studi Hubungan Internasional yang dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Yaris Adhial Fajrin, SH., MH. serta fasilitator, penguat, pemberdaya yaitu pihak Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (DPPM) yang  berupaya untuk selalu mengawal pengabdian kepada masyarakat di UMM.

Dalam melaksanakan kegiatan pengabdian ini, kelompok 41 memilih lokasi di Desa Wajak Lor, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur dan menjalankan kegiatan PMM sejak tanggal 19 Januari sampai 19 Februari 2024.

Dengan rentan waktu 1 bulan, tentunya kelompok 41 telah banyak menjalankan program kerja yang telah direncanakan sejak awal dan kelompok 41 mempunyai 3 program besar yang bermanfaat banget, lho Kawan Muda! Partisipan sekaligus yang mendukung penuh program-program ini melibatkan Kepala Sekolah dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) Wajak Lor 2 beserta para guru dan staf, Kepala Desa Wajak Lor, Ibu Endah Ristianti, S.Pd., dan Ibu Kartika selaku produsen jamu tradisional. Kira-kira program-programnya apa saja ya? Nah, 3 program besar yang dilakukan kelompok 41 terdiri dari:

1. Kepedulian terhadap Lingkungan

Dalam kegiatan ini, kelompok 41 menyampaikan materi terlebih dahulu mengenai pemilahan sampah serta dampak negatif dari sampah organik, anorganik, dan sampah B3. Partisipan dari kegiatan ini adalah siswa-siswi kelas 4 dan 5 dari SDN Wajak Lor 2. Selain menyampaikan materi, kelompok 41 juga mengajak siswa-siswi untuk melakukan praktek memilah langsung sampah organik, anorganik, dan sampah B3. Ada kegiatan seru juga, lho yang mengajak siswa-siswi SDN Wajak Lor 2, yaitu mengajak mereka untuk melakukan kegiatan mengecat dan melukis tong sampah sesuai dengan pengelompokan sampah yang sudah disediakan oleh kelompok 41, di mana kegiatan ini dilakukan agar siswa-siswi dapat semakin antusias dan lebih memahami tata cara membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya.

2. Pembuatan Video Promosi

Pada program ini, kelompok 41 melakukan kegiatan pembuatan video promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikan hias dengan pengambilan video mulai dari tempat dan jenis ikan yang dijual. Pembuatan video tersebut pun, tak lupa wawancara dengan penjual ikan hias dilakukan. Dari pembuatan video yang dilakukan kelompok 16, kegiatan ini bertujuan untuk membantu langkah pemasaran UMKM ikan hias melalui video promosi agar bisa lebih menarik banyak konsumen dengan dikenal secara lebih luas.

3. Optimalisasi pemasaran

Dalam program ini, kelompok 41 melakukan kegiatan yang menargetkan usaha jamu tradisional, di mana   optimalisasi dari jamu tradisional ini dimulai dari pembuatan label/sticker untuk kemasan jamu dengan bertujuan untuk membuat kemasan dilihat lebih menarik. Selain pembuatan label/sticker kemasan, kelompok 41 memberikan pengarahan dalam pembuatan e-commerce untuk penjual jamu tradisional sebagai media pemasaran dari jamu tersebut.

Tentunya dari program ini sangat membantu Ibu Kartika selaku produsen jamu tradisional. Walaupun usaha jamu ini tradisional, tetapi tetap juga harus mengikuti bagaimana era saat ini, yaitu era teknologi yang sangat maju, di mana hampir semua usaha tidak ingin ketinggalan untuk memanfaatkan teknologi.

Nah, Kawan Muda dari 3 program yang sudah dilakukan oleh kelompok 41, tentunya mendatangkan banyak manfaat, ya untuk masyarakat yang ada di Desa Wajak Lor, semoga kedepannya apa yang telah dilakukan kelompok 41 dapat menginspirasi untuk Kawan Muda semua dan juga kelompok yang mungkin akan berkegiatan PMM di Desa Wajak Lor nantinya.

Editor: Triami (UC Amii)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top