Strategi Promosi Cottage Manahayu Ciptakan Potensi Pariwisata Optimal

Kawan Muda, pernah nggak sih ngerasa bingung menentukan tujuan pas lagi libur? Udah coba cari-cari tapi masih belum hilang juga bingungnya? Kalau iya, tenang aja Kawan Muda, kamu nggak sendirian. Ume juga suka bingung kok untuk nentuin tujuan wisata Ume pas liburan udah di depan mata. Sebenarnya, salah satu penunjang hal ini terjadi yaitu kurangnya promosi dan branding dari pihak pariwisatanya. Jadi susah deh untuk kita nemuin tempat yang pas untuk berlibur. Tapi tenang Kawan Muda, ada gebrakan nih yang terjadi untuk mengatasi hal ini. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Tanpa pernah bosan, kembali hadir salah satu kelompok dari kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa, kali ini langkah hebat datang dari kelompok 98 gelombang 7 PMM Bhaktiku Negeri yang relate banget sama apa yang Ume bahas sebelumnya, yaitu mengenai branding dan promosi pariwisata. Tepatnya pada Manahayu Group, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Kelompok yang beranggotakan Mutiara Ayu Sitaresmi, Muhammad Faisal Nur Rahman, Najihah Mumtazah, Krisna Aul Bimassa, dan M. Rizki Trianto ini menerapkan kemampuan dan pengetahuannya, terlebih sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, pada peningkatan strategi promosi dan branding usaha lokal desa Giripurno, kota Batu, guna mengoptimalkan potensi pariwisata desa. Pastinya para mahasiswa ini menjalankan langkahnya tidak sendirian, Kawan Muda. Adapula dosen pembimbing dari kelompok 98 yaitu, Frendy Aru Fantiro, M.Pd dari jurusan Pendidikan Guru SD yang turut serta mendampingi.

Tujuan dari kelima anggota ini pun sangat bermanfaat loh, dengan berjalannya program kerja yang telah disusun, mereka berharap akan terjadi peningkatan dan keberhasilan dalam strategi promosi juga branding untuk usaha lokal desa Giripurno. Termasuk di dalamnya, Manahayu Cottage dan Dapur Manahayu yang berlokasi di desa tersebut. Selain meningkatnya potensi yang dimiliki destinasi tersebut, akan sangat bermanfaat pula bagi para penduduk dan pemilik usaha yang terbantu dengan adanya kegiatan ini, yang mana membawa usaha-usahanya lebih tersorot publik dan masyarakat luas.

Keren ya, Kawan Muda! Sekarang Ume juga jadi tahu keberadaan desa Giripurno, Manahayu Cottage, dan Dapur Manahayu yang nuansanya alam banget. Cocok nih buat yang mau suasana tenang dan mau merasakan udara sejuk alami. Ume juga jadi penasaran nih mau coba langsung suasana segarnya. Wah wah berarti promosinya berhasil nih ke Ume. Terbukti ya kalau promosi dan branding itu penting, Kawan Muda.

Editor: Areta Rahma S. (UC Are)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top