Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Learning By Game

Game Based Learning atau Learning by Game, menurut ungkapan yang dijabarkan oleh Sampoerna Academy, adalah sebuah metode pembelajaran yang dilaksanakan atau dijalankan berdasarkan atas game sebagai alat penunjangnya. Metode ini sangatlah populer dikalangan para pengajar ataupun sering digunakan dalam menjalankan suatu pengajaran materi kepada para murid, dikarenakan dengan menggabungkan kesenangan dari game atau permainan yang dilakukan dan proses belajar, maka metode ini secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar para siswanya. Selain itu, pada artikel yang sama menyebutkan bahwasanya dengan menjalankan metode atau cara tersebut, para siswa akan lebih tertarik dalam melakukan pembelajaran karena ketika belajar mereka pun juga sedang bermain game atau permainan yang disediakan.

Metode learning by game ini senyatanya dijalankan oleh sekelompok mahasiswa yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Malang yang pada kala itu sedang menjalankan program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa PMM Bhaktiku Negeri di Kota Yogyakarta tepatnya di TK Bina Taruna. TK Bina Taruna sendiri merupakan yayasan lembaga pendidikan yang berdiri dan beroperasi sejak 4 Mei 1987 yang berletak di JL. Pogung Lor Utara, Pogung Lor, Sinduadi, Kec. Mlati Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada TK yang memiliki 4 (empat) guru aktif ini, para mahasiswa menjalankan programnya yang menjurus kepada TK-A dan TK-B dengan jumlah 21 siswa dan siswi TK-A dan 21 siswa dan siswi TK-B. Kegiatan ini juga merupakan pengaplikasian Hilirisasi hasil penelitian dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Hasil dari program kerja yang dilaksanakan selama 28 (dua puluh delapan) hari itu pun senyatanya membuahkan hasil yang sangat memuaskan bagi para mahasiswa PMM Bhaktiku Negeri. Melalui program learning by game yang bertujuan untuk sebagai suatu sarana bagi para murid untuk mengasah kreatifitasnya dan juga meningkatkan kemampuan berkomunikasi antar siswanya, program ini pun dapat berjalan dengan baik dan juga tepat sasaran. Melalui program kerja tersebut, para mahasiswa dari PMM Bhaktiku Negeri dapat memberikan ilmu dan pengetahuan baru bagi murid TK Bina Taruna, serta dapat meningkatkan kreativitas mereka melalui rangkaian kegiatan kreativitas di program yang dijalankan. Meskipun, di sisi lain, masih banyak kendala yang terjadi seperti waktu yang dilaksanakan dengan tidak tepat waktu, perhatian dari para murid TK yang terbatas, dan lain sebagainya. Wah, sangat menarik sekali ya Kawan Muda, Program Kerja kali ini.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top