Gebrakan Pelatihan Digital Marketing dan Edukasi pada UMKM Desa Jati Sari

Desa Jatisari, Malang [19 Januari 2024]- Potensi UMKM di Desa Jatisari, Kabupaten Malang, khususnya dalam hasil olahan krupuk Impala dan minuman kunyit khas desa jatisari, telah menarik perhatian dengan produk unggulannya, Krupuk Impala. Dengan adanya upaya pengembangan UMKM di desa ini, muncul permasalahan terkait dengan sistem branding dan pengembangan jaringan penjualan bagi para pengelola industri krupuk dan minuman kunyit. Mitra-mitra UMKM di desa tersebut menghadapi tantangan dalam membangun sistem branding yang efektif serta memperluas jaringan penjualan untuk meningkatkan pemasaran produk mereka. Dalam upaya memecahkan permasalahan ini, sebuah kelompok pengabdian masyarakat (PMM) dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah merumuskan target luaran yang ambisius. Mereka berfokus pada peningkatan branding untuk olahan krupuk lokal, krupuk Impala, minuman, serta pengembangan jaringan penjualan melalui berbagai platform, termasuk marketplace online. Dengan tujuan utama memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan popularitas produk krupuk tersebut, kolaborasi antara pihak desa dan tim pengabdian masyarakat menjadi kunci dalam menjalankan upaya ini.

Dengan berusaha mengangkat potensi desa yang dimiliki akan membentuk epicentrum ekonomi baru yang muncul di desa, alternatif kreatif ini tentunya juga bisa berdampak terhadap eksistensi desa tersebut dan sampai saat ini masih banyak potensi desa-desa yang belum terekspose dengan baik. Desa Jatisari sendiri masih akan merintis apa yang diimpikan yaitu desa wisata dengan menyuguhkan potensi sumberdaya alamnya yaitu durian, menerapkan pengembangan tata kelola usaha sesuai dengan perkembangan teknologi. Teknologi yang dimaksud adalah penggunaan bauran promosi berbasis digital. Penggunaan marketplace dianggap mampu meningkatkan penjualan produk karena produk lebih dikenal oleh masyarakat secara luas. Waw, sangat keren sekali ya Kawan Muda.

Nha Kawan muda, diharapkan melalui kerjasama yang solid antara kedua belah pihak, Krupuk Impala bisa semakin dikenal secara luas dan berhasil menembus pasar yang lebih besar. Ini tidak hanya akan menguntungkan para pengusaha krupuk lokal di Desa Jatisari, tetapi juga akan menjadi dorongan positif bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top