Peran Penting Orang tua dalam Perkembangan Sang Anak di Era Digital

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada Masyarakat. PMM juga bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi  hasil penelitian Universitas Muhammdiyah Malang (UMM). Salah satunya yang dilakukan oleh kelompok 83 gelombang 9 pada hari Sabtu, 27 Januari 2024. Dengan beranggotakan, Berlianda Putri Nabila Azhari, Asril Fairuz Nafik, Belqys Salsabila, Zatalini Hari Ifiananta dan Evi Irawati Azizah yang berasal dari beberapa prodi diantaranya 1 dari Ilmu Komunikasi, 1 sosiologi, 2 Manajemen, dan 1 Akuntansi. Mereka membuat program kreativitas yang bertujuan untuk membantu memberdayakan anak–anak desa di Desa Balongkarai Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Program ini bukan hanya sekedar memberikan bantuan, tetapi juga memberikan parenting untuk ibu–ibu dengan tema membatasi anak yang kecanduan gadget.

Kawan Muda, pengguanaan gadget pada anak telah menjadi isu penting untuk orang tua maka dari itu kelompok 83 membuat program parenting untuk ibu–ibu terhadap anak dengan memberi masukan mengenai peran orang tua untuk bisa mengatasi anak yang kecanduan gadget. Ada pun dari tujuan parenting ini diantaranya mengembangkan keterampilan sosial pada anak, meningkatkan waktu kebersamaan bersama orang tua dan keluarga, memberi pendidikan yang seimbang dengan lingkungan yang mendukung.

Dengan melakukan parenting, mahasiswa dapat memberi tahu adanya dampak negatif terhadap anak yang kecanduan gadget, diantaranya anak tidak bisa fokus, kurangnya sosialisasi karena terlalu asik dengan gadget, sekaligus perkembangan moral dan fisik yang tidak stabil.

Dengan itu mahasiswa memberikan strategi kepada ibu-ibu untuk membatasi anak bermain gadget dengan cara “memanajement waktu sang anak dengan baik.” Contoh nya: membuat aturan waktu terhadap anak agar anak bisa melakukan kegiatan lainnya, melibatkan anak dalam aktivitas keluarga, mengajak anak untuk berdiskusi untuk melatih otak sang anak dan memonitor gadget anak, contohnya: memeriksa jenis konten yang akan ditonton oleh anak.

Program kerja parenting seperti ini mencerminkan kesadaran orang tua akan pentingnya peran aktif dalam membimbing anak. Agar fokus sang anak bisa teralihkan dari gadget. Maka dari itu kedekatan anak dan orang tua sangatlah penting dalam masa pertumbuhan sang anak. Sangat positif sekali ya, Kawan Muda program kerja kali ini dari kelompok 83 gelombang 9.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top