Ada Apa Sih di tanggal 21 Maret?

Sumber: Pexels.com

Kawan Muda tau nggak ada apa di tanggal 21 Maret? Betul banget, pada tanggal ini merupakan tanggal diperingati oleh seluruh dunia, untuk menghargai dan merayakan curahan hati dan berbagai emosi melalui karya dan keindahan kata-kata yang digunakan. Lalu ada apa di tanggal 21 Maret? Yaitu hari diperingatinya Puisi Sedunia, nggak hanya itu 21 Maret menjadi hari untuk menghargai dan merayakan puisi sebagai bentuk sebuah karya seni yang indah.

Selain itu Kawa Muda juga harus tau kalau di tanggal 21 Maret juga UNESCO menetapkan sebagai hari puisi pada konferensi umum yang ke 30 pada tahun 1999 dengan tujuan untuk mendukung, melestarikan keragaman dari keindahan bahasa atau bait bait puisi yang dibuat.

Puisi memiliki keindahan dan makna yang sangat indah yang dapat menyatukan orang-orang di seluruh dunia dengan keindahan bahasa pada kata yang digunakan. Nggak cuma itu masyarakat dunia pun, juga nggak terlepas dari yang namanya budaya, Sejarah, kebiasaan dan wilayah sehingga dapat menciptakan suatu kesamaan yang dimiliki.

 Keberadaan puisi juga sering kali menjadi penyatu rasa yang bisa bikin orang dapat merasakan hal yang sama. Oleh karena itu keberadaan posisi sangat membuat warna dalam kehidupan masyarakat dunia. Kalau Kawan Muda sendiri pernah nggak bikin puisi baik untuk diri sendiri atau orang lain? Ume yakin bawah Kawan Muda pernah sekali dalam seumur hidup membuat atau menulis puisi dan mengungkapkan curahan hati dan emosi melalui puisi.

Puisi juga mencerminkan suatu perubahan dalam masyarakat yang bisa dilihat dari jenis puisi itu sendiri. Kawan Muda tau nggak kalau puisi yang pertama kali muncul itu berjudul “Epik Gilgamesh” yang muncul sekitar tahun 2000 M dan kemudian berkembang sesuai kebiasaan masyarakat, perkembangan dunia dan teknologi. Walaupun begitu tujuan puisi tetap sama Kawan Muda, yaitu mencurahkan isi hati dan membangkitkan emosi yang ada pada diri manusia sendiri.

Kawan Muda ada banyak hal yang dapat dilakukan loh buat memperingati hari puisi sedunia ini yaitu dengan membaca karya puisi yang dibuat oleh penyair. Nggak cuma itu, Kawan Muda bisa banget buat puisi buat merayakan dan memperingati Hari Puisi Sedunia ini yang mau diberikan buat orang-orang tercinta. Sekali lagi Selamat Hari Puisi Sedunia Kawan Muda.

Penulis: Mira Sapriyawati

Editor: Clarisa Astri P.P (UC Clairie)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top