Menyelami Keunikan “Saturn” oleh SZA: Perjalanan Kosmik Melalui Musik

Sumber: Sam Keeler via nme.com

Hayo, siapa disini yang suka dengerin lagu sambil merenungi hidup? Kalau iya, Kawan Muda pasti udah dengerin lagu “Saturn” yang dinyanyiin sama SZA. Yup, lagu ini bukan cuma sekedar lagu biasa, tapi kayaknya lebih ke kayak perjalanan batin gitu deh. SZA ini emang udah ngga perlu diragukan lagi ya karyanya.

Jadi, bayangin dulu Kawan Muda lagi floating di ruang angkasa, kayak astronot gitu. Nah, di situlah mulai masuk ke lirik lagu ‘Saturn’ yang “Got to break this pattern of floating away”. Buat yang belum tahu, Saturn tuh salah satu planet di tata surya kita, kan? Nah, kayaknya SZA pengen banget untuk ngasih gambaran perasaan ke para pendengarnya kayak lagi merenung atau ngerasa terpisah dari dunia.

Selain itu, makna dari lagu ‘Saturn’ itu sendiri menurut Ume sih kayak metafora juga. Dimana SZA tuh mau menunjukkan apabila ‘Saturn’ yang dimaksud adalah sebuah alam semesta yang berisikan hal – hal indah baru yang bisa dieksplorasi demi ketenangan diri, sehingga di ‘Saturn’ ini bisa ditemukan kebebasan baru yang bisa membuat diri lebih bahagia.

Nah tapi Kawan Muda sadar ga sih, gabungan antara suara lembut dan gaya vokal yang khas SZA dengan lirik dan aransemen yang harmonis di lagu ini berhasil menciptakan suasana yang bisa menggerakkan hati dan telinga pendengar. Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari pihak SZA, namun kemungkinan besar track baru ini akan menjadi lagu utama dalam album terbaru SZA yang diberi judul “Lana” yang diperkirakan akan diluncurkan tahun ini loh, Kawan Muda.

Jadi, kalau Kawan Muda lagi cari lagu yang bisa buat bener-bener ngerasain hidup, “Saturn” dari SZA ini bisa jadi pilihan yang pas banget, deh! Yuk, dengerin lagunya, terus biarkan perjalanan kosmik melalui musik ini membawa Kawan Muda dan Ume ke tempat-tempat yang belum pernah kita jelajahi sebelumnya!

Penulis: Ananda Fatma Alfira (UC Fatma)

Editor: Clarisa Astri P.P (UC Clairie)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top