Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Penanaman Kecambah: Pengabdian mahasiswa UMM di TK ABA 6 Turen

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan ini memberikan kontribusi kepada masyarakat berupa pengabdian kepada TK ABA 6 Turen. Pada rentang waktu Januari hingga Februari 2024, kami, sekelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang, gelombang 8, kelompok 78, telah melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (PMM) di TK ABA 6 Turen, Desa Sedayu, Malang. Di bawah bimbingan Ibu Aulia, kami, yang terdiri dari Muhammad Syarif Anwar, Muhammad Ishbahul Fahmi, Afiyah Nisrina Hud, dan Fiya Ainurrohmah, telah memberikan sumbangan kami selama satu bulan penuh.

Kawan Muda dengan terlibat dalam program ini, bertujuan untuk mendukung pertumbuhan holistik anak-anak TK ABA 6 Turen. Kelompok 78 yakin bahwa melalui pengalaman langsung dan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya menjaga lingkungan dan keberlanjutan hidup, anak-anak dapat menjadi agen perubahan yang signifikan dalam komunitas mereka. Kelompok 78 berharap semangat pengabdian ini dapat menginspirasi mereka untuk terus berperan aktif dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Anak-anak TK ABA 6 Turen menunjukkan antusiasme yang sangat besar saat melakukan penanaman dan pengamatan pertumbuhan kecambah. Kelompok 78 menyadari betapa pentingnya memberikan mereka pengalaman langsung dalam mengamati proses pertumbuhan tanaman serta mengikutsertakan mereka secara aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, kami menugaskan mereka untuk secara rutin mengamati perkembangan kecambah dan membuat gambaran setiap hari. Melalui kegiatan ini, kami bertujuan untuk mengajarkan kepada mereka nilai-nilai seperti ketekunan, tanggung jawab dan kerjasama. Keren banget nggak sih, Kawan Muda!

Kelompok 78 sangat menghargai dukungan dan kolaborasi yang diberikan oleh para guru TK ABA 6 Turen. Mereka tidak hanya turut serta dalam menyelenggarakan kegiatan, tetapi juga berperan penting dalam memberikan inspirasi dan motivasi kepada anak-anak untuk berpartisipasi dengan semangat dalam kegiatan penanaman dan pengamatan kecambah.

Salah satu kegiatan utama yang kelompok 78 adakan adalah program penanaman dan pengamatan pertumbuhan kecambah bersama siswa TK ABA 6 Turen. Kami menyadari betapa pentingnya memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang penanaman kecambah, bukan hanya sebagai kegiatan pertanian, tetapi juga sebagai cara untuk mengajari mereka tentang pentingnya peduli terhadap lingkungan dan keberlanjutan hidup. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat mengedukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan serta mengenalkan konsep pertanian yang berkelanjutan kepada generasi muda.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top