Pemkab Malang Bangun Sirkuit Bertaraf Nasional di Kanjuruhan

Sumber: www.dapurpacu.id

Mana nih Kawan Muda yang hobi balap motor? Ume punya kabar baik buat kamu warga malang yang hobi balap motor, nih. Karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berencana membangun sirkuit bertaraf nasional di Malang loh. Rencananya, sirkuit balap motor ini bakalan dibangun di jalan masuk sisi timur Stadion Kanjuruhan di Kepanjen, Kabupaten Malang.

“Kami sudah merencanakan untuk sirkuit roadrace supaya tidak ada balapan liar. Ini mau ada pembebasan tanah untuk sirkuit sepeda dan mobil,” kata Bupati Malang, M. Sanusi.

Rencananya, sirkuit balap motor ini bakalan menggunakan track jalan masuk pintu timur Stadion Kanjuruhan yang saat ini sudah ada dengan panjang 300 meter. Tapi tenang aja, karena nantinya track ini akan ditambah menjadi sepanjang 700 meter.

“Sirkuit balap motor ini akan menggunakan track jalan masuk pintu timur Stadion Kanjuruhan yang sudah ada, nantinya panjangnya akan ditambah menjadi 700 meter. Rencananya dibangun tahun 2024 ini.” Ujar orang nomor satu Kabupaten Malang tersebut.

Sanusi menerangkan, sirkuit itu rencananya akan mulai dibangun pada tahun ini. Lokasinya berada di sebelah timur Stadion Kanjuruhan dan merambah di sekitar kawasan itu.

Dana yang dibutuhkan untuk membangun sirkuit ini diperkirakan tidak sampai 1 miliar Rupiah. Pembangunan sirkuit ini akan ditinjau oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang. 

“Nanti dibangun Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang dan anggarannya dibantu program CSR Bank Jatim” ujar Bupati Malang.

Dengan dibangunnya fasilitas sirkuit balap ini, pihaknya berharap aktivitas penghobi motor dapat lebih terwadahi dan dapat mengurangi aktivitas balapan liar di jalan umum.

Bahkan, ia juga berharap dengan adanya pusat olahraga ini akan menghasilkan dampak ekonomi yang positif dan menjadi penyumbang PAD (Pendapatan Anggaran Daerah) Kabupaten Malang. 

Pembangunan sirkuit bertaraf nasional di Malang ini tentu berdampak positif buat warga Malang, karena selain sebagai wadah  untuk menyalurkan bakat dan tentunya membuka peluang UMKM sekitar sirkuit ini. So, Kawan Muda yang hobi balap motor bisa banget nih buat ikut meramaikan sirkuit balap ini.

Penulis: Muhammad Abdusysyakur Mubarok (UC Bara)

Editor: Clarisa Astri P.P (UC Clairie)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top