Improve Personal Branding, Mahasiswa PMM UMM Luncurkan Pelatihan Public Speaking pada Siswa Sekolah Dasar

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan pengabdian ini menjadi ajang bagi Mahasiswa untuk tampil membawa nilai positif dan keberlangsungan pada masyarakat berbekal skill yang telah ditekuni selama masa studi. Program PMM dilaksanakan selama 30 hari mulai tanggal 18 Juli 2024 hingga tanggal 19 Agustus 2024.

Melalui kesempatan ini, Kelompok 39 Gelombang 8 yang beranggotakan Raphael Ananda Subiantoro dari jurusan Teknik Industri bersama rekan-rekannya, yaitu ⁠Maharani Angeline Maryam, ⁠Andini Dwi Suryani, ⁠Marshanda Amalia Sucipto, dan ⁠Laili Zulfa Karima dari jurusan Ilmu Komunikasi, berkolaborasi dalam peluncuran pelatihan public speaking di MI Bahrul Ulum, Bumiaji Kota Batu yang dilaksanakan selama rentan waktu 25-29 Juli 2024.

Pelatihan ini memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman tentang definisi, tujuan, dan cara untuk menerapkan public speaking, serta mengembangkan dan memperkuat personal branding seseorang tanpa memandang tingkatan sekolah. Personal branding sendiri merupakan pembentukan persepsi karakter dalam pandangan orang lain terhadap diri sendiri serta pengembangan  nilai-nilai positif dalam diri seseorang.

Dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Iradhad Taqwa Sihidi, S.IP., M.A, Kelompok 39 memperkenalkan basic public speaking dan pentingnya meningkatkan kemampuan tersebut dalam meningkatkan personal branding, yang pastinya tips & trik untuk menerapkan public speaking juga masuk dalam materi yang disampaikan untuk menambah ketertarikan dari siswa-siswi MI Bahrul Ulum.

Bukan hanya itu, Kawan Muda. Para siswa juga diajak untuk mempraktekkannya secara langsung melalui perkenalan biodata diri seperti nama lengkap, nama panggilan, makanan favorit, cita cita, dan mengapa memilih cita cita tersebut, serta mempresentasikan filosofi dari hasil kerajinan tangan secara bergiliran di depan kelas.

Pelatihan ini sangat berguna untuk membangun kepercayaan diri dan keberanian saat menyampaikan aspirasi maupun pendapat di depan umum. Nah, Kawan Muda itulah pentingnya mempelajari dan mengasah public speaking sebagai basic skill sejak dini untuk pengembangan personal branding ke arah yang baik. 

Penulis: Dewi Adelia (UC Delyn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top