Pembuatan Konten Branding oleh Mahasiswa PMM Kelompok 92 Gelombang 04 pada UMKM Waroeng Dacil

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pada kesempatan kali ini, Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 92 Gelombang 04 Tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Malang yang diketuai oleh Adella Candra Putri dan Ibu Firda Ayu Amalia, SE., Ak., M. SA selaku Dosen Pendamping Lapang dan beranggotakan Aldo Hadi Saputra, M. Nafi’I Alimi Pratikto, Mendisa Rizki Amalia, dan Fahrudin Suryo Prayogo dari progam studi Akuntansi, telah sukses melakukan program kerja kedua dengan pembuatan konten branding pada UMKM Waroeng Dacil. Kegiatan dilakukan selama 1 Minggu sekali saat kegiatan PMM berlangsung dengan membuat konsepan yang berbeda saat di setiap kontennya.

Mahasiswa PMM Kelompok 92 Gelombang 04 Tahun 2023 melakukan pembuatan konten

Pada era sekarang melakukan branding pada media sosial mengalami banyak pengaruh terhadap penjualan pada UMKM maupun mitra- mitra yang lain, karena media sosial memiliki daya tarik dan penyebaran yang sangat luas serta mudah dijangkau oleh siapapun dan dimanapun. Sehingga kesempatan seperti ini dimanfaatkan oleh mahasiswa PMM untuk membantu melakukan branding UMKM Waroeng Dacil pada media sosial dengan pembuatan konten tersebut. Selain itu, program kerja ini juga mengajarkan pemilik UMKM pentingnya melakukan branding pada media sosial, karena hal tersebut dapat membantu untuk meningkatkan penjualan.

Program kerja dari kelompok 92 ini bertujuan agar meningkatkan daya tarik mahasiswa maupun non mahasiswa serta memperluas jaringan konsumen dari UMKM Waroeng Dacil sehingga dengan melaksanakan program kerja ini dapat membantu meningkatkan penjualan pada UMKM Waroeng Dacil dan membantu UMKM untuk tidak tertinggal oleh mitra-mitra yang sudah diketahui banyak orang atau yang sudah memiliki brand. Karena, UMKM Waroeng Dacil tidak melakukan kegiatan branding dengan rutin.

Mahasiswa PMM Kelompok 92 Gelombang 04 Tahun 2023 melakukan pembuatan konten

Dalam melaksanakan proker ini kelompok PMM 92 memanfaatkan akun media sosial PMM kelompok 92 dan UMKM Waroeng Dacil berupa video, baik itu di Instagram ataupun di TikTok. Dalam pembuatan video konten tentunya semua anggota kelompok dan mitra berperan aktif dalam pembuatan konten guna supaya menghasilkan video yang sempurna.

Dalam membuat konten pemasaran di media sosial pastinya tidak semudah yang dibayangkan. Disitu perlu adanya kreativitas, ide-ide serta konsisten yang harus dipenuhi, adanya proker pembuatan konten video pemasaran dari PMM kelompok 92 bisa membantu UMKM Waroeng Dacil dalam mengelola konten di media sosial. Menurut mitra pelaksanaan proker ini sangat membantu dalam branding bisnis mereka karena pemilik Waroeng Dacil yang minim nya pengetahuan tentang teknologi dapat sangat membantu dalam memasarkan usaha mereka.

Mahasiswa PMM Kelompok 92 Gelombang 04 Tahun 2023 melakukan pembuatan konten

Pembuatan video konten ini merupakan proker yang ke dua dari PMM kelompok 92 yang alhamdulillah berhasil membuat ide yang menarik dalam pembuatan video konten. Seperti video yang memberi tahu kepada konsumen tentang letak Waroeng Dacil hingga vidio konten review mengenai berbagai menu yang ada di Waroeng Dacil. Dari proses proker ini dapat membuahkan hasil kepada UMKM Waroeng Dacil dalam strategi pemasaran dengan memanfaatkan sosial media dengan sebaik mungkin serta dapat membantu mitra dalam menuangkan ide-ide kreatifnya dalam pembuatan konten media sosial kedepannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top