Sosialisasi dan Penanaman Hidroponik, Mahasiswa PMM UMM dalam Memberikan Motivasi Kepada Lingkungan Desa

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang yang dilakukan oleh kelompok 81 gelombang 3 pada Februari 2024. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Hasil penelitian oleh kelompok 81 gelombang 3 ini dilakukan dilingkungan Perum Griya Samudra Asri RT: 03/ RW:08, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan oleh anggota kelompok tersebut yang terdiri dari Mona Ulli Hidayati, Rizki Amallia Putri, Nuhaa Aquila Anida, Adhara Syahda Raino, Lu’Lu’Ul Rohmi dengan dosen pembimbing (DPL), Bapak Luqman Dzul Hilmi, SE., MBA.

Lingkungan hidup yang sehat dan lestari adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kualitas kehidupan manusia di bumi. Dalam hidroponik, warga dapat dengan mudah memonitor dan mengendalikan lingkungan akar, termasuk kelembaban dan suhu, untuk memastikan kondisi optimal. Media hidroponik membantu penggunaan air yang lebih efisien karena air dapat digunakan kembali dalam sistem tertutup, mengurangi limbah dan konsumsi air secara keseluruhan. Dengan menggunakan media tanam yang bersih, warga dapat mengurangi risiko penyakit dan hama tanaman. Sistem hidroponik cenderung lebih steril dibandingkan dengan tanah tradisional. Hidroponik memungkinkan pertanian di lokasi yang sulit untuk pertanian tanah, seperti area perkotaan atau lingkungan dengan tanah yang kurang subur. Kecamatan Sidoarjo merupakan kawasan industry yang tidak memiliki lahan yang memadai untuk ditanami tanaman. Oleh karena itu, kami membuat program dengan memberikan pengenalan mengenai budidaya hidroponik dan tata cara perawatannya kepada masyarakat Perum Griya Samudra Asri RT: 03/ RW:08, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.

Harapannya sendiri dengan adanya kegiatan yang akan dilakukan oleh kelompok 81, dapat memberi motivasi terhadap masyarakat desa untuk menggunakan media tanam hidroponik setelahnya. Selain itu, kami akan memberikan motivasi kepada para pihak pemerintah desa untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat desa dalam mengembangkan tanaman hidroponik dikarenakan wilayah Perumahan Griya Samudra Asri tidak memiliki lahan yang memadai untuk ditanami tanaman. Luaran dari program-program yang diberikan kelompok 81 yaitu media tanam dan bibit untuk pembudidayaan hidroponik, guna melanjutkan program kelompok 81 setelah kegiatan PMM selesai. Diharapkan, setelah program ini telah usai, masyarakat dapat melanjutkan program yang telah kelompok 81 lakukan dan membantu melestarikan lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, kelompok 81 juga bersama-sama dengan masyarakat dalam membuat media hidroponik dari pemberian materi yang telah kami lakukan. Program selanjutnya yaitu pembuatan plang nama taman yang berada di Perumahan Griya Samudra Asri, Rt: 03/Rw: 08. Program ini dibuat karena pada saat kelompok 81 melakukan survei mengenai keadaan dan lahan yang ada di wilayah Rt.03, kelompok 81 melihat bahwa progress nama taman pada perumahan Griya Samudra Asri Rt.03 sudah mangkrak dari Agustus tahun 2023, yang akhirnya kelompok 81 berdiskusi dengan ketua Rt untuk melanjutkan progress pembuatan nama taman di Rt.03. Setelah melakukan diskusi dengan ketua Rt kelompok 81 diberikan izin untuk melanjutkan progres pembuatan nama taman Rt.03. Plang taman yang dibuat berdasarkan diskusi bersama dengan perwakilan dari Rt.03 dan juga ketua taman. Setelah diskusi panjang akhirnya kelompok 81 membuat plang nama taman dengan nama “GAHARU” yang berarti “Warga Hidup Aman dan RUkun”. Wah, sangat menarik dan kreatif sekali ya Kawan Muda, program kerja yang sudah dilaksanakan oleh kelompok 81 gelombang 3 ini.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top