Hindari Kebiasaan Ini Agar Kamu Bisa Jadi Sangat Produktif!

Written by on May 25, 2021

source: Pinterest, Ilustrasi Perempuan Melihat Buku

Di masa pandemi ini, bingung ga sih mau ngapain setiap hari? Yang bisa kamu lakukan hanya bangun tidur, terus liat whatsapp takut ada pengumuman kelas yang tiba-tiba terlewat dan pada akhirnya natap laptop kembali sampai akhir hari. Wajar aja sih kalau Kawan Muda pasti ngerasa nggak ngelakuin apa-apa di dua tahun ini. Untuk mengatasi rasa lelah kamu itu, Mimin punya berapa solusi buat kamu yang bisa kamu hindari sehingga semangat produktif kamu bisa muncul kembali nih!

source: Pinterest, Ilustrasi perempuan sedang menulis di kereta

1. Hindari Perilaku ‘Butuh Hasil’ Daripada Menikmati Proses.

Ini biasanya menjadi salah satu tantangan Kawan Muda sebagai remaja yang inginnya tuh profile Linkedin nya penuh dengan prestasi, pengalaman magang, sampai sertifikat volunteer biar keliatan membanggakan dan teman-teman yang liat jadi langsung insecure hehehe, padahal kamu disitu menjalani semuanya tanpa memikirkan proses apa sih yang kamu rasakan untuk diri kamu sendiri. Perilaku ini sih yang menurut Mimin harus cepat-cepat di remove!

2. Hindari Gangguan Saat Kamu Fokus!

Gangguan yang dimaksud ini bukan sekedar ada notifikasi chat dari gebetan ya, tetapi gangguannya bisa berupa ranjang kasur yang terlihat lebih empuk ketika kamu lagi fokus belajar, atau juga bisa berupa aplikasi game yang ada di laptop kamu ketika kamu h-1 ujian! Boleh-boleh aja sih kalau kamu mau untuk di ‘ganggu’ oleh contoh-contoh tadi, tapi jadinya Kawan Muda nanti malah tambah lama mengerjakan sesuatu, coba yuk dikurangi!

3. ‘Work Till I die’

Iya, memang ada waktunya kamu dikejar deadline tugas yang bisa muncul tiba-tiba jam satu malam kemudian sampai lupa istirahat dan memilih untuk begadang lagi deh selama berhari-hari. Ini sih kebiasaan yang bukan membuat kamu makin produktif, tetapi malah menurunkan daya produktivitas kamu yang seharusnya bisa dilakukan pada saat siang hari sampai sore hari, karena malam adalah waktu yang harus banget dijaga keadaannya.

4. Malas Nyari tau!

Buat Kawan Muda, aku yakin pasti setiap harinya bergelut sama sosial media, tapi kalau ditanya gimana sih caranya biar berprestasi dalam keadaan online gini? Cara mudahnya adalah cari tau, nggak usah malu untuk bertanya ke teman yang menurut kamu produktif banget di waktu-waktu gini, nggak usah segan untuk mencoba hal baru ketika kamu ragu untuk produktif.

5. Hindari perasaan FOMO!

FOMO adalah istilah Fear of Missing Out yang membuat kamu ngerasa harus produktif biar nggak kalah bersaing aja gitu, padahal perasaan ini membuat kamu tertekan dan menuntut diri kamu untuk lebih produktif dengan cara yang tidak sehat, kalau menurut Najwa Shihab nih Kawan Muda, dia punya quotes yang Mimin selalu ingat tiap ngerasa ‘lebih lambat’ daripada remaja lain, yaitu:

“Kesuksesan orang lain, bukan berarti kegagalan untukmu”

Since that day, since hearing that quote, I realize everyone has their own time. Begitu juga kamu!

Tips-Tips di atas kiranya semoga bisa membuat diri kamu untuk memacu diri tanpa harus berlebihan memaksa diri! Produktif memang hal yang harus dituntut untuk diri sendiri, selain membuktikan diri kita bisa melakukan sesuatu, menjadi produktif membuat kamu lebih mencintai hidup kamu di tengah hidup yang abu-abu. Good Luck Kawan Muda!

Penulis: Calysta Dwita H

Editor: Anneke Sumber foto: Pinterest


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



[There are no radio stations in the database]