Hype Abis! Siapa sih Bu Tejo itu?

Written by on August 21, 2020

Poster film Tilik.

Halo!

Dalam waktu dekat ini kamu udah ada agenda kegiatan belum? Kalau belum, Mimin punya rekomendasi film yang epic banget nih buat nemenin weekend-nya Kawan Muda. Film kali ini bakal berbeda dari film-film sebelumnya loh, soalnya film ini tergolong karya film pendek yang durasinya cuma sekitar 30 menitan, tapi bisa sampai meraih kategori film pendek terbaik dan menyabet Piala Maya ditahun 2018! Gak cuma itu, film ini juga terpilih dalam event Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018, dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2018, Kawan Muda. Keren ya!

Judul dari film ini adalah “Tilik” yang diproduksi oleh Racavana Films pada tahun 2018-an, dan baru tayang pas hari kemerdekaan kemarin, Kawan Muda. Film ini menampilkan suasana dari daerah Jawa, khususnya daerah Jogja. Jadi, jangan heran ya, kalau selama kamu nonton film ini, keseluruhan film menggunakan bahasa Jawa halus.

Film ini menceritakan tentang rombongan ibu-ibu yang ingin “Tilik” dalam bahasa Jawa, yang berarti menjenguk. Ibu-ibu itu berniat menjenguk Bu Lurah yang sedang sakit di sebuah Rumah Sakit di Yogyakarta menggunakan truk terbuka. Namun selama perjalanan di truk tersebut, terjadi percakapan yang menggemaskan namun tajam yang didominasi oleh Bu Tejo.

Karakter paling kuat dalam film Tilik adalah Bu Tejo dan Yu Ning, yang selalu berselisih paham akan gosip yang ada. Bu Tejo membuat warna dalam film ini, karena kelincahannya dalam menyampaikan sebuah berita panas tentang seseorang bernama Dian. Kita sebagai penonton sampai tahu secara persis bagaimana seorang Dian, bagaimana pekerjaannya, bagaimana sikapnya, hanya dari perkataan yang disampaikan Bu Tejo, lengkap dengan aksen ibu-ibu yang sedang gosip. Namun, ada plot-twist di akhir cerita membuat kita sebagai penonton tercengang.

Akting Siti Fauziah sebagai Bu Tejo sangat dinikmati banyak orang. Buktinya sejak rilis di Youtube tanggal 17 Agustus lalu, sampai artikel ini ditulis (20/08) penonton dari film tersebut sudah menyentuh angka 1.8 Juta. Mantul gak tuh! Film yang di sutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo ini ternyata tanpa naskah loh, cuma mengandalkan arahan-arahan dari sang sutradara. Jadi film ini benar-benar pure pembawaan dari ibu-ibu yang suka gosip, Kawan Muda!

Buat Kawan Muda yang mau li

Buat Kawan Muda yang mau liat filmnya secara lengkap, gak perlu unduh dan berlangganan aplikasi streaming video, karena film Tilik ini tersedia di Youtube. Jadi kalian cukup cari di Youtube, dan udah bisa nonton sampai selesai. Oh iya, link-nya ada dibawah ini yaa, Kawan Muda! Happy Watching!

Penulis: Ika Sulistyorini

Editor: Anneke

Sumber gambar: Kompasiana


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



[There are no radio stations in the database]