Pelatihan Digitalisasi Pembuatan Logo Produk Kuliner Bunga Telang

Potret : Hasil digitalisasi logo produk kuliner bunga telang

Perkembangan zaman memang bukan suatu hal yang asing lagi di telinga. Salah satu perkembangan yang terjadi yaitu pada bidang teknologi. Tak dapat dipungkiri bahwa pada masa kini, banyak hal yang telah beralih pada dahsyatnya kecanggihan yang disediakan. Adanya perkembangan pada bidang teknologi ini, dapat memberikan dampak yang positif maupun negatif, tergantung pengguna dan kegunaannya. Maka dari itu, penggunaan teknologi perlu diarahkan ke arah yang positif.

Seperti yang dilakukan oleh kelompok 5 pada program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dengan anggota yang tergabung di dalamnya, yaitu Hidayatur Rohmah, Zahra Nada Novalina, Muhammad Adi Saputra, Rizqina Mukarromah, dan Ilkaffa Azka Dhiyauddin. Sesuai dengan PMM yang bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kelompok 5 mengambil kesempatan yang diberikan untuk memberikan edukasi dalam bidang digitalisasi.

Kegiatan yang dilakukan dari bulan November hingga Desember tahun 2022 ini, memiliki fokus untuk melakukan pelatihan digitalisasi pembuatan logo produk kuliner kelompok PKK bunga telang. Kelima mahasiswa program studi Sosiologi fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini memiliki harapan akan meningkatnya pejualan karena adanya logo yang tercantum dalam kemasan olahan produk bunga telang, yang dirintis oleh anggota Kelompok Kerja Kelurahan Jatimulyo yaitu ibu Sri Rahayu yang telah mengembangkan bisnis olahan bunga telang melalui warung makan “Sri Rejeki” pada Jl. Kesumba No. 15 RT/RW 05/03 Jatimulyo, Lowokwaru, Kota Malang.

Terlihat bahwa dalam pelaksanaan kegiatan PMM oleh kelompok 5, telah mewujudkan adanya logo dalam proses digitalisasi. Diharapkan dengan adanya edukasi dan langkah layaknya yang dilakukan dalam kegiatan PMM oleh kelompok 5 ini, dapat menjadi langkah baik dalam pemberdayaan teknologi ke ranah positif, serta memaksimalkan keberadaan teknologi dalam memudahkan segala kegiatan yang ada. Serta diharap adanya kegiatan yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan pemasaran serta kelangsungan bisnis olahan bunga telang oleh ibu Sri Rahayu, serta mengedukasi masyarakat mengenai proses digitalisasi logo produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post