Pemberdayaan Masyarakat Dengan Pengoptimalan Potensi Susu Sapi Melalui Olahan Produk Lokal dan Ikut Berpartisipasi Dalam Kehidupan Sosial Berbasis Edukasi dan Kearifan Lokal

Pada tanggal 30 Agustus hingga 8 September 2022 kemarin, para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang kembali menyalurkan bantuan positifnya melalui  kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Lima mahasiswa yang tergabung dalam PMM Bhaktiku Negeri ini melaksanakan pengabdiannya tak hanya di satu tempat saja, melainkan dua tempat, yaitu UMKM Rumah Yoghurt Dworowati dan TPQ Baitur Rahmah.

Fernando Keefadani, Adinda Zahwatun M., Rena Amelia W., Suci Nurhanifah, serta Fatwatim Mabruroh bersama-sama memulai pengabdiannya pada Selasa, 30 Agustus 2022 di UMKM Rumah Yogurt Dworowati dengan “pembuatan olahan produk susu di Desa Ngabab” sebagai judul dari program kerja mereka. Disana mereka mengamati proses pembuatan yogurt dan juga susu pasteurisasi yang dilakukan di UMKM tersebut. Tak hanya itu, kelima anggota PMM pun ikut serta membantu dalam proses pembuatan dengan memasukkan susu yang telah terolah, ke dalam botol atau kemasan untuk tempat hasil produk tersebut. Kegiatan berlangsung selama 2 hari dan senantiasa di pagi hari karena menyesuaikan dengan terjadinya proses pengolahan susu yang memang telah dijadwalkan pada pagi hari.

Setelah menyelesaikan pengabdian di tempat pertama pada Rabu, 31 Agustus 2022, dilanjutkan dengan kegiatan PMM kedua pada Sabtu, 3 September 2022, di TPQ Baitur Rahmah. Program kerja berisikan “membantu menjadi tenaga pengajar di TPQ desa setempat dan mengadakan lomba mewarnai” ini pun berhasil direalisasikan. Pada TPQ tersebut, terdapat empat kelas, sehingga pada tiga kelas, masing-masing diisi oleh dua anggota PMM dan satu kelas diisi oleh satu anggota PMM. Di hari pertama dan kedua, para anak TPQ Baitur Rahmah diajak untuk melaksanakan kegiatan mengaji pada sore hari.  Sementara pada hari kelima dan keenam, para anggota PMM ini menggunakan waktu untuk mempersiapkan lomba mewarnai yang akan diadakan pada hari ke-tujuh.

Pada tanggal 7 September 2022, perlombaan mewarnai mulai dilaksanakan. Suasana antusias dapat dirasakan dari anak-anak yang menjadi peserta dalam perlombaan tersebut. Pada hari terakhir, yaitu 8 September 2022, diadakan pengumuman juara dari perlombaan mewarnai yang telah diadakan sehari sebelumnya. Acara berjalan dengan lancar dengan dukungan penuh dari para Ustadzah yang berada pada TPQ tersebut. Diharapkan dengan diadakannya pengabdian ini, para masyarakat setempat dapat merasa terbantu, baik pada UMKM Rumah Yogurt Dworowati maupun TPQ Baitur Rahmah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post