Review: Ratu Ilmu Hitam

Written by on November 12, 2019

Setelah melejit dengan Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar yang merupakan salah satu figur publik yang sudah sering terdengar namanya kembali meluncurkan karya terbarunya: Ratu Ilmu Hitam. Film ini menurut Mimin Penulis lumayan ‘kontra’ dengan Perempuan Tanah Jahanam.

Awal mula cerita ini dimulai ketika Hanif membawa Nadya (istrinya) dan ketiga anak mereka ke panti asuhan tempat Hanif dulu dibesarkan. Pengasuh panti itu, Pak Bandi, sudah sangat tua dan sakit keras, Hanif datang untuk menjenguk setelah bertahun-tahun tidak bertemu. Bukan cuma Hanif yang datang berkunjung, tapi juga dua sahabat Hanif saat tinggal di panti, Anton dan Jefri yang membawa istri-istri mereka.

Malam itu, mereka semua tiba di panti asuhan yang terletak di luar kota dan jauh dari pemukiman penduduk. Mereka bermaksud bermalam di sana untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Pak Bandi selaku orang yang telah mengasuh mereka sejak kecil. Mereka menyangka malam itu akan jadi malam yang penuh kedamaian. Tetapi, ternyata semua tebakan mereka salah besar.

Jeng jeng jeng, apa yang terjadi selanjutnya bisa kamu cek di bioskop terdekat, hohoho.

Film ini menurut Mimin Penulis lebih condong ke film yang bernuansa gore ketimbang horor hantu-hantuan. Pokoknya, kamu harus banyak menahan diri dari godaan ‘tuk berkata kasar karena banyak scene yang lumayan disturbing parah. Untuk kamu pecinta film bernuansa sadis, mungkin film ini cocok buat ditonton. Tapi, kalau kamu nyari film yang hantu-hantuan, film ini tidak Mimin Penulis rekomendasyikeun.

Beberapa hal yang menambah aura seram dari film ini adalah pemilihan tone warna dan penempatan sound effect ditambah latar belakang musik yang manjiw alias mantap jiwa. Mimin Penulis juga jadi ikut deg-degan kayak petualangan Hanif and the gang.

Diluar kelebihan yang ada, Mimin Penulis merasa masih ada beberapa plot hole yang agak bikin bingung. Selain itu, ending yang agak gantung juga semakin bikin Mimin Penulis bertanya-tanya: “Jadi, ini gimana? Udah? Lah terus?”

Mungkin, ya, akan ada sekuel dari Ratu Ilmu Hitam akibat ending yang gantung. Tapi, siapa yang tahu, kan? Hihihihi~

Rate: Suhu hari ini/30 derajat celcius.

Penulis: Dizar

Sumber gambar: Kompasiana

Sumber sinopsis: Wikipedia


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



[There are no radio stations in the database]