Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam Mahasiswa PMM Bhaktiku Negeri UMM pada Peserta TPA Desa Pendem.

Written by on May 25, 2022

Program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri Universitas Muhammadiyah Malang oleh kelompok 83 dilakukan di Desa Pendem. Desa Pendem adalah desa yang merupakan pintu gerbang antara Kabupaten Malang dan Kota Batu, dan berbatasan dengan kabupaten Malang dari arah Karangploso. Sasaran kegiatan yang dimulai tanggal 7 April 2022 ini adalah anak-anak siswa TPA yang berada di desa tersebut.

PMM Bhaktiku Negeri kelompok 83 beranggotakan lima orang, di mana masing-masing individu memiliki tugas masing-masing. Rona Noor Zakiyyah sebagai Koordinator Kelompok, Nurul Tasya Syifa sebagai Sekretaris, Moh. Budi Irawan sebagai Bendahara, Deffa Namira Athania sebagai Perkap, dan Rehan Iqbal Rafadani sebagai Penanggungjawab HUMAS. Seluruh anggota PMM Bhaktiku Negeri UMM ini saling bahu-membahu dalam mempersiapkan, menjalankan, dan menyelesaikan kegiatan tersebut.

Program Kerja atau (proker) yang dipilih adalah sosialisasi mitigasi bencana alam gempa bumi dan gunung meletus untuk anak-anak yang merupakan para siswa TPA di Desa Pendem. Tujuan dari proker ini adalah untuk mengedukasi anak-anak Desa Pendem mengenai cara mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat di kawasan rawan bencana, dalam hal ini gempa bumi dan gunung meletus. Sosialisasi ini dimulai dengan penayangan video dan materi mitigasi bencana alam yang telah dipersiapkan para mahasiswa PMM Bhaktiku Negeri UMM. Tayangan tersebut ditayangkan melalui proyektor yang disediakan. Sumber utama dari video dan amteri yang diberikan berasal dari BMKG Indonesia Usai penayangan video, Rehan dan Budi sebagai mahasiswa PMM Bhaktiku Negeri UMM mengajukan beberapa quiz atau pertanyaan pada anak-anak mengenai materi yang telah dipaparkan. Bagi anak-anak yang dapat menjawab dengan benar, maka akan diberikan bingkisan. Hal ini bertujuan agar anak-anak semakin tertarik dan bersemangat menyimak sosialisasi yang dilakukan.

Sosialisasi dilakukan mulai tanggal 9 April 2022 hingga 15 April 2022 dengan bahan pembelajaran mitigasi bencana alam yang telah disusun dan dibagi untuk mengisi pemaparan materi di setiap harinya. Selain sosialisasi, mahasiswa PMM Bhaktiku Negeri UMM juga menyiapkan berbagai macam mini games seperti permainan dokter berkata, ular tangga, tebak gaya, dan games lainnya. Telah disiapkan berbagai hadiah untuk anak-anak yang memenangkan games. Mini games ini dilakukan di setiap penghujung waktu sosialisasi dengan maksud menghilangkan kejenuhan.

Proker yang telah dilaksanakan kelompok PMM Bhaktiku Negeri 83 berjalan dengan baik. Seluruh pihak Desa Pendem yang terlibat, seperti Kepala Desa, Kepala Dusun/RT, anak-anak TPA, Pengurus dan Pengajar TPA, serta masyarakat lain dapat bekerja sama secara kooperatif. Kegiatan PMM Bhaktiku Negeri kelompok 83 ditutup tanggal 23 April 2022. Pada akhir kegiatan, mahasiswa peserta kegiatan PMM Bhaktiku Negeri dibekali wejangan dari pihak-pihak Desa Pendem yang sangat bermanfaat dan memberikan kesan baik.

Pada Kegiatan PMM Bhaktiku Negeri di Desa Pendem ini, mahasiswa mendapatkan berbagai macam pengalaman yang luar biasa dan jauh dari ekspektasi. Anggota PMM Bhaktiku Negeri 83 telah belajar terkait bagaimana cara mengajar dan memposisikan diri di depan orang tua, dan anak-anak. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan ilmu baru tentang bagaimana cara berperilaku dan sikap terhadap orang lain. Hal itu tentunya dapat menjadi bekal di kemudian hari karena merupakan pengalaman yang berharga.

Penulis: PMM Bhaktiku Negeri UMM


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Continue reading

[There are no radio stations in the database]