Tips Buat Kamu yang Merasa Beban Keluarga

Tips Buat Kamu yang Merasa Beban Keluarga post thumbnail image

Siapa sih yang nggak asing dengan istilah ‘beban keluarga’ yang biasanya marak ditemukan di sosial media dan merupakan sebutan untuk kaum Milenial yang merasa bahwa dia hidup itu hanya membawa beban secara finansial maupun environment di keluarganya sendiri. Status itu satu sisi bisa dibilang sebagai pengingat kita untuk menjadikan diri kita lebih bermanfaat bagi orang lain, disisi lain sebutan itu juga memiliki dampak bagi diri kita yang terkadang malah merasa tidak berguna. Kawan Muda yang merasa dirinya ‘beban keluarga’ coba deh ikutin beberapa tips dibawah ini yang bisa bikin kamu nggak ngerasa jadi beban keluarga lagi.

source : pinterest

1. Wan’t Something? Please do saving!

Jika kamu adalah tipikal remaja yang emang up to date banget dalam mengikut trend sehingga kamu rasanya tuh ingin beli semua yang lagi nge-hits, menurut mimin mengikuti trend tidaklah salah, tetapi kamu haruslah mendapat apa yang kamu mau dengan berusaha, salah satunya adalah mencoba menabung ketika Kawan Muda ingin membeli sesuatu. Meskipun pada akhirnya ada masa dimana tabungan kamu masih sedikit untuk membeli barang tersebut, tapi setidaknya kamu bisa ngeringanin beban orang tua kamu yang gaperlu susah-susah mengeluarkan uang secara penuh.

source : pinterest

2. Start Your Own Business

Menurut mimin, kesempatan untuk kamu mendapat uang lebih bisa dicoba dengan berjualan sesuatu yang kamu sukai. Semisal kamu suka gambar, kamu bisa banget loh jualin gambar kamu via online, mimin sering banget nemuin hal seperti itu di Twitter. They are so creative, karena remaja di Twitter banyak banget yang jualan keahlian mereka, bisa itu jualan kado untuk seseorang, rangkaian bunga, bahkan makanan-makanan unik. Menurut mimin, kamu harus coba cara ini at least sekali dalam hidup kamu, kali aja ketagihan hehehe….

3. Studying it a Must

Orang tua Kawan Muda pasti akan bangga sekali apabila anaknya sangat giat belajar dan ditambah memiliki prestasi. Cara ini menurut mimin adalah cara sederhana yang membuat kamu sadar kalau kamu juga memiliki tugas sendiri sebagai seorang pelajar sekaligus anak dalam keluarga. Belajar juga menguntungkan kamu dengan banyaknya pengetahuan yang bisa kamu dapatkan untuk mengembangkan skill kamu loh!

4. Orang Tua Butuh Kamu, Kamu Butuh Orang Tua

Kadang Kawan Muda nggak sadar kalau orang tua Kawan Muda sudah memasuki usia tua dan sebenarnya lebih membutuhkan perhatian kamu sebagai anaknya. Orang tua pada dasarnya nggak terlalu perlu semua harta yang kamu beri nih Kawan Muda, they just need your attention, care and help. Jadi jangan lupa sama orang tua ya kalau udah kerja nanti!

5. Making Your Own Plan

Cara satu ini menurut mimin adalah yang paling efektif kalau kamu merasa diri kamu gak berguna, dimulai dari kamu membuat rencana apa sih yang kamu ingin lakuin di masa depan nanti? Mau seperti kamu sih nanti? Apa sih yang kamu ingin beri ke sekeliling kamu? Membuat rencana seperti itu adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pikiran kamu sebagai beban keluarga.

source : pinterest

source : pinterest

Menjadi beban keluarga menurut mimin adalah sebuah hal yang memang yang harus kamu jalani Kawan Muda, tapi bukan berarti kamu jadikan status ini untuk angkat tangan atas semua rintangan kamu dalam menjalani hidup. Justru yang kamu harus tekankan adalah memberikan kesempatan keluarga kamu kalau perjuangan keluarga kamu dalam mendidik kamu, membesarkan kamu, sangat worth it!

Jadi, udah tahu mau bawa diri kamu kemana?

Penulis : Calysta Referensi : Beautynesia Sumber gambar : Pinterest

Editor : Nia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post