UMM Sukses Jadi Tuan Rumah di KKCTBN 2019!

Written by on October 15, 2019

KKCTBN 2019

Halo kawan muda! Ada kabar menarik yang gak boleh kamu lewatin nih. Tapi sebelumnya aku mau tanya dulu yaa, kamu tau gak sih KKCTBN itu apa?

KKCTBN itu singkatan dari Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional. KKCTBN ini adalah ajang kompetisi tingkat mahasiswa dalam bidang teknologi perkapalan. Penyelenggaraan kontes ini bertujuan untuk membangkitkan rasa nasionalime dan juga cinta kemaritiman. Itu sesuai dengan visi misi pemerintah melalui kementrian kelautan dan perikanan RI. Nah, penyelenggaraan KKCTBN tahun 2019 ini diadakan di Kota Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang jadi tuan rumahnya. KKCTBN tahun ini sendiri mengangkat tema “Teknologi Kapal Cepat untuk Menjaga Kedaulatan NKRI di Era Revolusi Industri 4.0”.

Kontes ini sendiri diadakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 10 Oktober sampai dengan 13 Oktober 2019. Upacara pembukaan diadakan pada hari Jumat, 11 Oktober 2019 dan dimulai pukul 13.30 WIB. Acara ini diawali dengan penampilan beberapa tarian yang ngehibur banget deh pokoknya. Setelah tari-tarian, acara ini dilanjutkan dengan pembawaan bendera dari kontingen masing-masing perguruan tinggi. Selanjutnya seperti biasa, ada pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sang Surya, sambutan dari Rektor UMM Dr. Fauzan, M.pd., sambutan Wakil Wali Kota Batu, lalu sambutan sekaligus pembukaan resmi dari Dr. Didin Wahidin selaku Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

KKCTBN tahun ini diikuti 30 Universitas, 63 tim dan 168 peserta dengan 3 kategori: ASV, FERC dan ERC. Untuk tempat pelaksanaan lombanya dibagi 2 kawan muda. Untuk kategori ASV (total peserta 17 tim) dan ERC (total peserita 28 tim) menempati wilayah Taman Rekreasi Sengkaling Kuliner UMM. Untuk kategori FERC (total peserta 18 tim) dilaksanakan di danau depan GKB 1 UMM. Kontes ini sendiri dilaksanakan hari Sabtu, 12 Oktober 2019, serentak untuk semua kategori. Malam harinya di hari yang sama, juga dilakukan acara penutupan dan pengumuman para pemenang nih kawan muda!

Prestasi membanggakan juga terukir dari UMM dalam KKCTBN ini. UMM menyabet 3 gelar juara sekaligus. Juara 2 untuk kategori Electric Remote Control (ERC) juara 2 juga didapatkan dalam kategori Fuel Engine Remote Control (FERC) dan nominasi untuk tim Favorit di kategori FERC. Prestasi dari UMM sendiri gak sebatas sampai berhasil menjuarai kontes ini aja loh, tapi juga berhasil menyelenggarakan dan menjadi tuan rumah di KKCTBN tahun ini. Hal ini disampaikan langsung pada saat sambutan di acara penutupan KKCTBN 2019 oleh Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Ristekdikti Dr. Misbah Fikrianto MM.,M.Si.

Untuk teman-teman yang membawa pulang prestasi, semangat! Untuk yang belum berkesempatan dapat titel juara, jangan berkecil hati. Tetap semangat!

Penulis: Aulia.

Sumber Gambar: KKCTBN UMM.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



[There are no radio stations in the database]