Asesmen dan Intervensi Psikologi dalam Meningkatkan Wellbeing Pegawai RSI Hasanah Muhammadiyah Mojokerto

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) hingga saat ini masih terus berjalan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. Nah, saat ini datang dari kelompok PMM tematik Industri gelombang 1 dengan tema “Asesmen dan Intervensi Psikologi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis (Wellbeing) Pegawai RSI Hasanah Muhammadiyah Mojokerto” yang dilakukan dari tanggal 18 April 2024 yang bertempat di RSI Hasanah Muhammadiyah Mojokerto. Pada kegiatan pengabdian ini diampu oleh bapak Mohammad Shohib, S.Psi., M.Si.

Pada kegiatan ini mahasiswa CoE HRD UMM pertamakali berkolaborasi dengan RSI Hasanah Mojokerto melalui kegiatan PMM. Kegiatan utamanya yaitu psikoedukasi pentingnya mengenal, memahami dan menjaga mental health serta pemberian produk berupa handbook teknik pengelolaan stress. Pada kegiatan tersebut merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh Nina Ainun Izah mahasiswa program studi psikologi sebagai pelaksana dikegiatan (PMM) ini, hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan para pegawai rumah sakit. Dimana hal tersebut melibatkan serangkaian asesmen psikologis yang dirancang untuk mengidentifikasi tingkat stres dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis pegawai.

Kawan Muda, berdasarkan hasil asesmen, intervensi psikologis yang sesuai akan diterapkan untuk membantu pegawai dalam mengelola stres dan meningkatkan kesejahteraan mereka lho. Maka dari itu Nina Ainun, memberikan handbook yang berisi teknik-teknik pengelolaan stres yang praktis dan efektif. Buku saku ini diharapkan dapat menjadi panduan sehari-hari bagi pegawai dalam menghadapi tantangan pekerjaan dan menjaga kesehatan mental mereka.

Fokus utamanya adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada karyawan RSI Hasanah Muhammadiyah tentang cara-cara efektif mengelola stres. Melalui handbook yang telah disusun, para karyawan diajarkan berbagai teknik mulai dari manajemen waktu, latihan pernapasan, meditasi, hingga tips untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi.

Kawan Muda juga pasti relate bahwa tidak selalu mudah untuk menghadapi stres. Namun, dengan strategi penanganan yang baik, seseorang dapat merasakan peningkatan kesejahteraan mental dan emosional, serta membangun fondasi yang kokoh untuk menghadapi tantangan hidup dengan lebih percaya diri dan positif. Dengan adanya hanbook ini, diharapkan para pegawai memiliki panduan yang praktis untuk mengatasi stres dan meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka secara berkelanjutan. Program ini juga membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan akademis mereka dalam konteks nyata, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top