Berita Koran: Mahasiswa Magang Fakultas Hukum UMM Mengikuti Rapat Paripurna Bersama Penanggung Jawab Walikota Batu

Malang, 31 Mei 2024 – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam berbagai bidang, 5 Mahasiswa fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang beranggotakan Fadhlul Wafi Ali sebagai Koordinator, Dias Rendy Pratama, Muhammad Fiqri Amanu, Selny Amalia Utomo dan Fadila Eka Pratiwi mengikuti serangkaian kegiatan magang yang sangat menarik. Mereka menghadiri rapat Paripurna bersama Penanggung Jawab Walikota Batu yang membahas tentang Penyampaian Raperda Kota Batu tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 pada tanggal 31 Mei 2024.

Kegiatan magang ini diorganisir oleh Laboratorium Fakultas Hukum UMM dan bertujuan untuk mengimplementasikan teori yang telah dipelajari oleh mahasiswa dalam dunia nyata. Dalam kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya mempelajari teori tetapi juga menerapkan ilmu secara praktik.

Dalam pelaksanaan kegiatan magang, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang mengikuti jalannya rapat paripurna sampai akhir Di Kantor DPRD Kota Batu yang membahas tentang Penyampaian Raperda Kota Batu tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023. Sebagaimana dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahum 2019 bahwa Kepala Daerah menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa Laporan Keuangan yang telah diperiksa oleh BPK RI. Dimana nantinya laporan keuangan  juga akan digunakan untuk membandingkan antara realisasi pendapatan, belanja, dan pembiayaan dengan anggaran yang telah ditetapkan, untuk menilai kondisi keuangan, serta mengevaluasi efektivitas dan efisiensi dari suatu entitas pelaporan sesuai peraturan perundang-undangan. Raperda ini berisi laporan tentang penggunaan dana APBD Tahun Anggaran 2023 dan pertanggung jawaban pelaksanaan program-program yang telah dilaksanakan.

Kegiatan dalam mengikuti rapat sangat bermanfaat khususnya dalam memahami dinamika-dinamika pembahasan isu-isu krusial yang berdampak pada masyarakat dan kinerja anggota dewan dalam menyuarakan serta menanggapi aspirasi rakyat. Kegiatan magang ini selain melatih kemampuan berpikir kritis dan analitis, juga memberikan pengetahuan mengenai peran penting  dalam jalannya fungsi-fungsi legislatif seperti pengawasan  serta penganggaran yang ada pada tusi DPRD.

Kegiatan magang ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbagai bidang serta dapat membantu menjadi ahli yang lebih kompeten dalam masyarakat. Dengan demikian, kegiatan magang ini sangat penting dalam meningkatkan kemampuan dan kualitas mahasiswa Fakultas Hukkum Universitas Muhammadiyah Malang.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top