Pembuatan dan Branding Kafe Desa Pojok

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan salah satu kesempatan untuk menyalurkan berbagai kegiatan positif kepada masyarakat secara langsung. Kegiatan Pengabdian Mayarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hirilisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Seperti yang dilakukan oleh kelompok 89 gelombang 1 dengan melakukan kegiatan ‘Pembuatan dan Branding Kafe Desa Pojok. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 24 Juli 2023 sampai dengan 24 Agustus 2023, di Desa Pojok, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Desa Pojok ini, memiliki hamparan sawah dan alam yang sangat indah, dengan keindahan pemandangan gunung semeru, menjadikan sebagai salah satu tempat yang cocok, untuk mengembangkan ide atau konsep dalam pembuatan kafe, oleh kepala desa Pojok dan jajarannya. Oleh karena itu, melalui PMM UMM kelompok 89 gelombang 1, konsep tersebut di kembangkan. Konsep pembuatan kafe ini di gegas untuk menampung kemajuan UMKM yang ada di Desa Pojok, selain itu juga sebagai ajang promosi Desa Pojok.

Pra pelaku UMKM Desa Pojok, dirasa belum cukup dalam meningkatkan perekonomian desa, sehingga kelompok 89 gelombang 1, berupaya dalam program kerja mereka yang dilakukan selama 30 hari ini, untuk membantu memasarkan “Branding UMKM”, khususnya di daerah dampit yang merupakan penghasil kopi di Kota Malang.

Pada minggu pertama dan kedua PMM UMM gelombang 1 kelompok 89 ini, melakukan survei lapangan di desa Pojok, kemudian mengembangkan potensi yang ada, dengan merancang konsep bersama kepala Desa Pojok yakni bapak Sunarko beserta jajarannya. Setelah itu, memberikan gambaran konsep mengenai pembangunan kafe yang akan dibangun.

Kegiatan untuk minggu selanjutnya, melakukan branding UMKM Kopi Warining, produk kopi ini merupakan milik salah satu masyarakat di Desa Pojok, yakni bapak Denny. Para Tim PMM kelompok 89 gelombang 1 memasarkan “Branding”, dimulai dengan melakukan kegiatan foto katalog produk kopi Warining. Output yang di dapat dari kegiatan ini yaitu, berupa katalog dan display foto produk di akun e-commerce instagram kopi Warining.

Kegaiatan ini dilaksanakan oleh 5 orang mahasiswa, yang telah berpatisipasi dalam kegiatan ini yakni, Muhammad Rafif Arya T, Imma Anisa Wibagso, Alissa Tatia Nova, Erza Farandi A dan Tika Putri Angeli. Dimana 5 mahasiswa tim PMM kelompok 89 gelombang 1 ini, berasal dari jurusan Hubungan Internasional. Dimana para tim PMM ini juga melakukan sesi wawancara untuk mengetahui lebih dalam mengenai kopi warining, serta mengupload konten tersebut di YouTube agar menjadi inspirasi kepada pengusaha kopi yang ingin memulai bisnis. Pemilik dari kopi Warining menyambut dengan sangat baik dan mendukung dengan penuh inisiatif, yang tekah dilakukan tim PMM kelompok 89 gelombang 1 ini. menurut beliau, kegiatan ini dapat lebih menarik calon pelanggan dan meningkatkan penjualan produk UMKM beliau.

Tujuan dari kegiatan ini untuk menggagas ide atau konsep kafe di Desa Pojok, guna membangun tempat wisata dan melakukan branding terhadap UMKM kopi Warining di Desa Pojok.

Inilah kegiatan positif yang telah dilaksanakan oleh tim PMM dari kelompok 89 gelombang 1, dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi Desa pojok dalam mengambangkan UMKM kopi, serta memberikan manfaat juga untuk Tim PMM dalam melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top