Paduan Suara SD Aisyiyah Kamila Tampil di Hadapan Kepala Dinas

11 Agustus 2023 – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kelompok ekstrakurikuler paduan suara  SD Aisyiyah Kamila Dinoyo, tampil dihadapan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang. Kesempatan tampil ini hadir pada saat kepala dinas menghadiri launching Program Sedekah jelantah yang diadakan oleh SMP Muhammadiyah 4 Malang. Acara ini bertempat di lapangan upacara SD Aisyiyah Kamila karena memang keterbatasan lahan yang dimiliki oleh SMP muhammadiyah 4 Kota Malang.

Dalam kesempatan tersebut paduan suara SD Aisyiyah Kamila menampilkan sebuah lagu daerah yang berasal dari Papua yaitu Ramko Rambe Yamko. Dengan potensi serta bakat yang dimiliki oleh anak anak, mereka dapat bernyanyi dengan sangat baik di hadapan kepala dinas. Hal itu juga disaksikan oleh warga sekolah yang lain baik dari SD dan SMP bahkan juga oleh para guru.

Sebelumnya, paduan suara SD Aisyiyah memang disiapkan oleh kelompok pengabdian masyarakat oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (PMM UMM) untuk tampil di acara tersebut. Melalui kelompok 262 gelombang 7 PMM UMM paduan suara SD Aisyiyah Kamila diajarkan cara menyanyi yang baik dan benar. Sejak tanggal 1 agustus PMM dilakukan mereka langsung melatih anak paduan suara, mulai dari memberikan pengetahuan dasar dalam bernyanyi hingga koreo saat bernyanyi. hal itu juga menarik perhatian anak anak terbukti dengan jumlah anak yang ikut mengalami kenaikan yang awalnya hanya berjumlah 19 naik hingga 35 anak.

Kegiatan melatih anak anak paduan suara juga bagian dari program kerja yang dilakukan oleh kelompok 262 gelombang 7 PMM UMM. Dimana kelompok PMM 262 berupaya mengetahui dan mengebangkan minat serta bakat yang dimiliki oleh anak anak di bidang kesenian dan pengadaan ekstrakurikuler. Pada saat survey dilakukan SD Aisyiyah Kamila Dinoyo memiliki potensi dibidang paduan suara terbukti dengan mereka baru saja menjuarai lomba di regional malang, namun mereka hanya melakukan ekstrakulikuler pada saat akan ada lomba saja. Hal itulah yang mendorong kelompok PMM melakukan program pengabdian masyarakat di SD Aisyiyah Kamila.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top