TIM PMM Kelompok 179 Melakukan Digitalisasi Kembangkan Potensi Sektor Wisata dan UMKM dengan Pembuatan Website Desa Wringinanom Poncokusumo

Kelompok 179 PMM (Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa) gelombang 6  Universitas Muhammadiyah Malang yang dibimbing oleh Bapak Dosen Yaris Adhial Fajrin, SH., MH melakukan digitalisasi pengembangan pada sector wisata dan UMKM dengan membuat website desa. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) .

Salah satu program kerja Kelompok PMM 179 (Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Malang yaitu melakukan digitalisasi dengan membuat website profil desa. Sehingga dapat membantu untuk penyampaian informasi bagi warga atau pengunjung yang berkaitan dengan desa akan lebih mudah mengaksesnya. Karena di Desa Wringianom memiliki potensi yang besar pada sector pariwisata dan UMKM. Dengan adanya pembuatan website profil desa diharapkan dapat  memberikan dampak positif berupa pengembangan pada sector tersebut. Sehingga pengunjung dan wisatawan dapat lebih mudah untuk mengeksplorasi suguhan yang ada di Desa.

Pada website profil desa terdapat beberapa wisata yang tercantum yang berada di Desa Wringinanom, diantaranya River tubing yaitu kegiatan menyusuri sungai yang berarus arung jeram, namun dengan perbedaan menggunakan ban karet. Selain itu terdapat juga Agrowisata Petik Jeruk dimana para wisatawan tidak hanya memetik buah jeruk, namun juga pengunjung akan diberikan wawasan tentang edukasi pertanian jeruk.

Pada website juga berisikan informasi tentang produk UMKM  yang dapat dibawah pulang sebagai oleh-oleh ketika berwisata di Desa Wringinanom. Terdapat beberapa jenis UMKM diantaranya kerajinan tas rajut,juga ada pengolahan eceng gondok menjadi sandal yang mempunyai niai kesenian. Selain itu terdapat produk UMKM berupa camilan dan jajanan seperti yogurt,es pensil,dan jamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top