Tips and Trick Tampil Pede Berbicara di Depan Umum

Source : contentadvisory.net

Halo kawan muda, kalian pernah ga si ngerasa kurang percaya diri buat berbicara di depan umum? atau di saat kawan muda ingin presentasi di depan kelas malah jadi grogi ga karuan yang bikin pikiran jadi ambyar?? tenang kawan muda kali ini ume bakalan kasih tips and trick buat kamu tampil pede bicara di depan umum.

1. Latihan untuk menyampaikan pendapat

Buat kawan muda yang introvert nih, kawan muda bisa coba mulai menyampaikan pendapat dimulai dari teman terdekat. Kalau kawan muda udah berani nih, bisa lanjut untuk menyampaikan pendapat di sekumpulan orang, lama kelamaan kawan muda pasti bakalan terbiasa. Hal ini membuat kawan muda jadi terbiasa untuk berbicara.

2. Latihan berbicara terlebih dahulu

Buat kamu yang ingin presentasi di depan kelas atau yang ingin berbicara di suatu forum, kawan muda coba dulu deh untuk latihan ini, bisa ngobrol sendiri di depan kaca buat ningkatin percaya diri kamu, karena Itu penting buat kamu sebelum berlatih berbicara di depan umum, mengantisipasi kawan muda ketika nanti bingung bakalan ngobrolin apa aja dan ujung-ujungnya malah jadi overthinking ga karuan.

3. Pahamin apa yang ingin disampaikan

Nah memahami apa yang ingin kamu sampaikan juga ga kalah penting loh, karena kalau kawan muda udah paham jadi bakal lebih gampang nih untuk improvisasi nya.

4. Lawan rasa malu

Melawan rasa malu ini hal yang cukup sulit ya kawan muda, tapi kita harus tetap bisa melawan rasa malu itu. Karena kalo kita masih ada di zona nyaman, kita gabakal bisa berkembang nantinya. Jadi kita harus bisa keluar dari zona nyaman kita nih kawan muda.

Nah itu tadi beberapa tips and trick untuk tampil percaya diri berbicara di depan umum dari ume. Semoga tips and trick ini bermanfaat buat kamu yang ingin tampil pede berbicara di depan umum, dan bingung harus mulainya gimana dan caranya gimana.

Penulis : Shabana Ismi (UC Shasa)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top