Mahasiswa PMM UMM Melakukan Edukasi terkait Kesehatan Mental pada Ibu Rumah Tangga Maupun yang Memiliki Peran Ganda serta Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Tantrum Menurut Ilmu Psikologi

Pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri merupakan pengganti dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Muhammadiyah Malang. PMM merupakan kegiatan pendampingan dan pelayanan mahasiswa untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat ke arah yang lebih baik. Dalam satu kelompok PMM juga tidak harus prodi/jurusan yang sama, anggota PMM bebas memilih siapapun dan dari prodi/jurusan apapun sebagai anggota kelompok. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang.

PMM yang dilakukan termasuk pada skema PMM Bhaktiku Negeri dimana terdapat banyak gelombang dan pada setiap gelombang terdapat banyak kelompok, salah satunya adalah dari kelompok 8 gelombang 9. Kelompok 8 memiliki 5 anggota terdiri dari dua jurusan yang berbeda, Ulfa Apriani Usman dan Muchsin Nabil Alkatiri dari jurusan Hubungan Internasional dan Dania Prima Hapsari, Selvia Nur Huda serta Afniar dari jurusan Psikologi. Kegiatan yang dilakukan juga berada di daerah tempat tinggal salah satu anggota kelompok 8 yaitu di Ranting Muhammadiyah RT.42 Perum IKIP, Tegalgondo, Kec. Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 65152.

Kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi mengenai stress pada ibu rumah tangga dan ibu rumah tangga yang memiliki peran ganda dan cara mengatasinya. Kelompok 8 gelombang 9 membuat judul tersebut karena target sosialisasi yang dilakukan adalah ibu rumah tangga baik yang memiliki peran ganda maupun tidak. Dari sumber yang dibaca, ibu rumah tangga sangat rentan mengalami gangguan mental salah satunya yaitu stress, baik stress yang disebabkan oleh pekerjaan rumah, anak, pasangan, maupun yang disebabkan oleh lingkungan. Kelompok 8 juga memfokuskan pada ibu rumah tangga karena mereka tidak memiliki waktu untuk refreshing karena banyak pekerjaan yang harus dilakukan seperti mengurus keluarga, rumah, dll. Sosialisasi tersebut dibawakan oleh keempat anggota kelompok 8 gelombang 9 yakni, Ulfa Apriani Usman, Selvia Nur Huda, Afniar dan Dania Prima Hapsari. Tidak hanya sekedar sosialisasi terkait dengan kesehatan mental spesifik – coping stress, akan tetapi topik menarik yang kelompok 8 bawakan adalah bagaimana cara menghadapi anak yang sedang tantrum menurut ilmu psikolog. Para hadirin begitu antusias dengan topik yang dibawakan, banyak sekali keaktifan para hadirin, sharing ilmu, pengalaman dan curahan hati para hadirin sosialisasi terkait masalah kesehatan mental yang diadakan oleh Anggota kelompok PMM kelom 08 gelombang 09.

Kelompok berharap kegiatan ini bisa bermanfaat dan berdampak positif serta membantu bagi ibu rumah tangga di Perum IKIP. Kelompok juga berharap kegiatan PMM yang sedang dilakukan bisa berjalan dengan lancar dan memiliki dampak positif bagi Ranting Muhammadiyah Perum IKIP RT.42.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top