Anak Kost Wajib Tahu Nih! Tips Menyimpan Makanan Agar Tahan Lama

Written by on June 22, 2022

Hallo Kawan Muda, semenjak menjadi anak kost pasti sering masak kan?, nah ada tips nih, gimana menyimpan makanan yang tepat. Menyimpan makanan di dalam kulkas memang akan membuatnya tahan lama. Namun, cara menyimpan yang salah justru akan membuat kualitas makanan menjadi menurun, hingga tidak layak dikonsumsi. Oleh karena itu, Kawan Muda harus tahu nih, cara menyimpan makanan di dalam kulkas dengan benar. Berikut tiga cara membuat makanan bertahan lebih lama di dalam kulkas :

  1. Simpan Makanan Sesuai Dengan Jenisnya

Kulkas memiliki beberapa rak. Setiap rak idealnya disusun berdasarkan jenis makanannya. Jadi, Kawan Muda jangan mencampur satu jenis makanan dengan makanan lainnya yaa. Misalnya, simpanlah makanan siap santap seperti keju, yogurt, daging matang, serta sisa makanan di rak bagian atas dan tengah. Sementara sayuran/buah-buahan di bagian bawah.

Makanan seperti daging mentah, ikan, serta unggas harus disimpan dalam wadah tertutup (kedap udara) di bagian freezer. Selain itu, hindari menyimpan telur di balik pintu kulkas karena hal tersebut justru dapat membuatnya cepat busuk. Ya, pintu kulkas biasanya dibuka dan ditutup sepanjang hari.

Nah, kondisi ini membuat telur mengalami perubahan suhu saat Kawan Muda membuka dan menutupnya. Oleh karena itu, agar telur tetap segar dan tahan lama, Kawan Muda perlu menaruhnya di bagian dalam kulkas di mana suhunya jauh lebih stabil.

  • Manfaatkan Kantong Plastik

Terkadang beberapa sayuran seperti selada dan mentimun yang disimpan dalam kulkas menjadi cepat layu. Untuk mencegahnya, Kawan Muda bisa memasukkan sayuran ke kantong plastik terlebih dulu sebelum menyimpan di kulkas.

Menyimpan sayuran dalam kantong plastik dapat membuat sayuran lebih tahan lama. Masukkan sayuran ke kantong plastik dan tutup rapat sehingga tidak terkontaminasi dengan bahan makanan lainnya yang ada di dalam kulkas.

  • Atur Suhu Kulkas

Setelah melakukan penataan dengan baik dan benar, Kawan  Muda perlu juga mengatur suhu pada kulkas, nih. Suhu kulkas akan mempengaruhi kualitas makanan yang disimpan. Pastikan Kawan Muda mengatur kulkas pada suhu 5 derajat celcius.

Atau Kawan Muda juga bisa mengatur kulkas dengan suhu yang lebih rendah, cara tersebut bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang berbahaya pada makanan. Lalu, Kawan Muda juga jangan lupa melakukan pemeriksaan suhu secara rutin yaa!.

Penulis: Frida

Editor: Diva


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



[There are no radio stations in the database]