MENINGKATKAN GAIRAH CINTA BUDAYA LOKAL LEWAT SENI LUKIS

Written by on March 22, 2019

Halo kawan muda! Ada pameran seni rupa di kantin 3,5 UMM, loh, tanggal 18-19 Maret 2019. Pameran seni rupa ini judulnya “Ayo Dolanan” yang mengusung tema kebudayaan. Di hari pertama, pameran di buka dari jam 09.00 yang karya-karya dari anggota baru UKM Seni Rupa Lentera yang udah diklat. Bukan cuma memperlihatkan pameran seni rupa yang berupa lukisan, tapi juga ada live music accoustic berupa penampilan spesial dari band Jas Hujan Musik yang pastinya ngebuat suasana kantin 3,5 jadi nyeni abis.

Di hari kedua, pameran dibuka juga dari jam 09.00 dan rangkaian acaranya lebih meriah karena ada workshop gambar bareng yang bisa diikutin oleh semua mahasiswa UMM alias dibuka secara umum. Media yang digunakan selama workshop gambar bukan cuma canvas atau kertas aja, tapi bisa juga menggambar di totebag atau jaket denim.

Buat yang ingin berpartisipasi, Lentera juga udah menyiapkan kertas, pensil, juga cat acrylic. Selain workshop gambar bareng, ada juga live mural yang bisa disaksikan langsung sambil menghabiskan waktu kosong di sela jam kuliah. Di hari kedua ini juga di meriahkan sama live accoustic dan juga ada perform art.

Tujuan dari pameran ini adalah untuk membangkitkan lagi gairah generasi muda dalam hal kebudayaan. Karena, banyak anak muda sekarang yang sudah tidak terlalu memperhatikan seni, bahkan ada yang sudah acuh sama budaya. Tujuan lainnya adalah diharapkan dari pameran ini bisa jadi media untuk mengembangkan budaya dalam bentuk yang positif.

Dari kegiatan pameran ini, ide-ide kreatif tentang kebudayaan dari para anak muda bisa dituangkan ke sebuah canvas atau kertas lukis.

Di setiap lukisan yang di pajang di pameran, tentu ada makna yang ingin disampaikan dari lukisan tersebut, namun menurut Aldi, Ketua Pelaksana dari pameran ini, sebuah seni seperti lukisan itu penafsiran makna nya bisa berbeda antara pelukis dengan seseorang yang melihat lukisan tersebut.

Karena, sebuah lukisan bisa dilihat dari persepsi yang berbeda. Tetapi, karena tema dari pameran kali ini adalah tentang kebudayaan, makna dari lukisan-lukisan nya tidak jauh-jauh dari kebudayaan.

Reporter : Aulia dan Anneke


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



[There are no radio stations in the database]