Tips Dapur Ngebul Anak Kos

Halo, Kawan Muda! Semoga sehat selalu dimanapun berada, ya. Akhir-akhir ini lagi ngerasa boros banget nggak sih jadi anak kos? Apalagi di Kota Malang yang kalau Kawan Muda keluar kos aja di kanan kiri udah banyaaak banget makanan dan minuman yang ditawarin dengan beragam macam brand, rasa, dan harganya. Dari makanan ringan sampai yang berat. Rasanya jadi susah deh nahan lapar mata, ya nggak, Kawan Muda?

Nah, untuk meminimalisir pengeluaran Kawan Muda buat beli makan nih, biar akhir bulannya nggak cuma makan obat lambung sama air putih, hahaha canda ya, ada beberapa tips masakan setelah ini yang bisa Kamu masak sendiri di kos dengan budget ekonomis dan pastinya simple buat diolah. Selain bisa menghemat uang saku, skill memasak juga bakal ke-upgrade pastinya. Ada apa aja masakannya? Yuk scroll-scroll ke bawah!

Sostel Asam Manis

Sumber foto : Akun Pinterest @malichatun88

Ngiler banget nggak sih, Kawan Muda? Percaya nggak kalo masakan di atas bikinnya gampang banget? Kawan Muda cuma perlu siapin bahan-bahan di bawah ini:

  • 1 butir telur
  • 1 sosis ayam
  • 1 bawang bombai
  • saus pedas dan saus tiram
  • lada, garam, dan gula pasir

Cara bikinnya tinggal ceplok telur yang dibumbui sama garam sedikit, lalu sisihkan. Lanjut tumis bawang bombai yang udah diiris tipis sampai harum, habis itu masukin sosis ayam yang udah diiris dan aduk-aduk sebentar. Kalau udah, masukin saus pedas, saus tiram, gula, dan garam, lalu aduk sebentar dan tambahin air secukupnya. Masak sampai air menyusut, cek rasa, dan masukin telur ceploknya tadi. Udaaah! Sostel Asam Manisnya boleh difoto dulu buat snapgram tuh hahaha.

Tempe Penyet

Sumber foto : Pinterest

Buat yang satu ini kayaknya udah nggak asing lagi sih, apa lagi kalau bukan Tempe Penyet. Modal Rp 10.000 aja, Kawan Muda udah bisa makan enak sampai nambah nasi nih. Buat bahannya gampang aja, Kawan Muda tinggal siapin:

  • 1 papan tempe
  • 4 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah cabe rawit merah
  • 1/2 bagian tomat ukuran sedang
  • Garam, gula pasir, dan penyedap rasa

Pertama, goreng tempe yang udah dibumbui sampai warnanya kecoklatan. Terus bikin sambalnya deh, dengan cara goreng bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan tomat hingga matang serta layu. Haluskan bahan sambal bersama penyedap masakan, garam, dan gula pasir. Panaskan wajan, tumis sebentar sambal yang sudah dihaluskan dengan api kecil hingga matang. Koreksi rasa, tambahkan daun kemangi ke dalamnya biar makin mantul rasanya, Kawan Muda. Tempe Penyet siap disajikan bersama nasi putih hangat dan lalapan mentimun atau daun selada air. Yummy!

Nah, semoga dua resep di atas bisa bantu Kawan Muda mengatasi kegalauan ‘mau makan apa ya hari ini?’ dan pastinya nambah skill Kawan Muda di dapur.

Penulis : Fatma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post