6 Manfaat Silica Gel yang Ampuh Buat Kebersihan Barang-Barangmu

Written by on September 1, 2020

source : beritatagar

Kamu pasti sering kan nemuin bungkusan putih kecil yang biasanya ada di dalam kotak sepatu, tas, atau barang lainnya yang habis kamu beli? Nah, itu namanya silica gel, yang isinya butiran seperti kaca, dan bentuknya padat. Fungsi dari silica gel ini adalah untuk melindungi dan merawat barang-barang itu supaya kualitasnya tetap terjaga. Tapi, sering banget setelah nemu silica gel¸ malah langsung dibuang ke tempat sampah. Mulai sekarang, jangan buang silica gel-nya lagi, ya, Kawan Muda. Karena ternyata banyak banget tips untuk manfaatin silica gel, itu loh.

1. Untuk kotak penyimpanan alat-alat otomotif, atau pertukangan

Supaya alat-alat besimu seperti obeng, bor, dan gergaji nggak cepat karatan, bisa banget taruh silica gel di kotak penyimpanannya. Karena fungsinya yang menyerap air, dan menjaga kelembapan, jadinya bisa mengurangi proses oksidasi yang jadi penyebab karatan, Kawan Muda.

2. Mengeringkan air di handphone karena tercebur

Kalau biasanya handphone kamu habis kecemplung air, langsung buru-buru ditaruh di beras supaya kering. Tapi, ternyata ada cara yang lebih efektif loh, yaitu pakai silica gel. Hp kamu jadi lebih cepat kering, karena emang fungsi dari gel itu buat nyerap air dan lumayan kan, beras kamu jadi nggak kotor atau basah.

3. Menjaga koleksi buku

Kumpulan buku yang kamu simpan di rak dalam waktu yang lama biasanya kualitasnya akan menurun ya, Kawan Muda. Merawat buku nggak bisa sembarangan, butuh perawatan khusus supaya buku mu nggak menjamur atau halamannya jadi menguning. Kamu bisa taruh silica gel di beberapa area rak buku untuk menjaga kelembapannya. Selain itu, bisa mengurangi bau tidak sedap dari jamur itu tadi.

4. Perawatan perhiasan

Perhiasan adalah salah satu barang yang berkilau dan wajib untuk dirawat, Kawan Muda. Supaya tetap berkilau, atau tetap sparkling, kamu bisa taruh silica gel di wadah tempat penyimpanan perhiasanmu. Jadi, nggak perlu repot-repot lagi datang ke toko perhiasan buat semir perhiasan.

5. Mengawetkan bunga

Siapa nih, yang punya banyak koleksi bunga hidup yang dikasih gebetan atau pacar tercinta? Nah, supaya bunga-bunga itu bisa disimpen dalam waktu yang lama, kamu bisa nyiapin wadah besar yang cukup untuk tempat bunga mu, Kawan Muda. Di wadah besar itu, kamu bisa nuangin silica gel dan rendam bunga itu, terus ditutup ya. Supaya kadar air nya bisa keserap, dan bunga mu jadi nggak cepat layu, deh.

6. Tumpukan handuk

Siapa yang nggak kesal coba, kalau tumpukan handuk yang disimpan di lemari ternyata jamuran dan bau nya nggak enak? Itu karena udara dalam lemari nggak terlalu baik, dan sering tertutup, Kawan Muda. Jadi, jamur-jamur itu bisa tumbuh banyak seenaknya dia. Untuk membasmi itu semua, kamu cuma butuh beberapa kantong silica gel yang disebar di sekitar lemari, Kawan Muda. Biar handuk kamu tetap terjaga kebersihannya.

Sekarang, sudah tahu kan kalau ternyata silica gel itu punya segudang manfaat? Setelah ini, kalau dapat silica gel lebih baik digunain ya, Kawan Muda. Jangan langsung dilempar ke tempat sampah. Oh iya, silica gel ini juga bisa dibeli secara terpisah dalam satuan atau jumlah yang banyak kok, Kawan Muda. Bisa dicari di toko sekitarmu, atau di marketplace kesayangan kamu. Selamat mencoba, ya!

Penulis: Anneke

Editor : Zella

Referensi: Hipwee


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



[There are no radio stations in the database]