Meningkatkan Nilai Produksi dan Rebranding Hasil Pertanian Kelompok Tani (GAPOKTAN) Desa Sidomulyo

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa Kelompok 68 Gelombang 6 Universitas Muhammadiyah Malang telah mengadakan beberapa program kerja di Desa Sidomulyo. Anggota kelompok terdiri dari Anindya Khansa Alysia R sebagai koordinator, Moch. Rizal Fadlian sebagai divisi Acara, Dewi Rahmasari sebagai Bendahara, Ameilia Azziadaturizkiyah sebagai divisi publikasi, dekorasi dan dokumentasi, M. Awwaluddien ‘Azmil F sebagai sekretaris, serta Rinaldy Achmad Roberth Fathoni, S.AB., M.M selaku dosen pembimbing lapangan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk meningkatkan pendapatan petani di Desa Sidomulyo melalui media sosial, untuk membantu pendataan inventaris gabungan kelompok tani (GAPOKTAN), pemberian tempat sampah didaerah sekitar yang minim tempat sampah dan untuk membantu memberikan tanda berupa banner untuk setiap (POKTAN).

Nah Kawan Muda, desa Sidomulyo dipilih sebagai lokasi kegiatan karena potensi pertaniannya yang besar namun masih terkendala oleh kurangnya pemasaran yang efektif. Dengan demikian, tujuan utama dari kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa kelompok 68 gelombang 6 Universitas Muhammadiyah Malang ini adalah meningkatkan hasil penjualan melalui media sosial dengan cara membranding kelompok tani yang ada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa kelompok 68 gelombang 6 berkomitmen untuk membantu petani memahami potensi besar yang ditawarkan oleh teknologi digital dalam memasarkan produk mereka dan membantu permasalahan yang sedang terjadi seperti tidak adanya data inventaris (GAPOKTAN) dan tidak adanya tempat sampah di titik-titik tertentu.

Agenda  yang dilakukan adalah melakukan pengelolaan data para petani yang tergabung dalam kelompok tani Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya Kelompok 68 Gelombang 6 sudah melakukan koordinasi bersama ketua (GAPOKTAN) Desa Sidomulyo terlebih dahulu. Setelah melakukan pengembilan data terhadap kelompok tani maka data-data tersebut diolah.

Selaku mahasiswa yang melakukan pengabdian tentu saja harus memberikan timbal balik dengan pihak Gapoktan, selaku mitra kelompok 68 dalam membantu mengatasi permasalahan dan membenahi atau melengkapi keperluan mereka selagi mampu dibantu oleh kelompok 68. Hal tersebut bagi kelompok 68 merupakan salah satu impact yang baik dikarenakan dapat merealisasikan program ini dengan baik, namun pihak mitra juga mendapatkan hasil yang baik dan sesuai kebutuhan mereka dan mendapatkan bantuan tenaga dari kelompok 68 dalam beberapa hal sederhana.

Mereka juga sangat menerima baik kehadiran dari kelompok 68 bahkan mereka tak segan selalu mengundang di dalam acara rutinan mereka yang diadakan setiap bulan, hal tersebut sangat kita hargai selaku mahasiswa yang melakukan pengabdian karena kita bisa lebih berbaur dan dekat dengan masyarakat. Bahkan di saat bertamu kerumah–rumah, mereka juga sangat terbuka.

Kelompok PMM 68 Gelombang  juga melakuakn pemasanan banner pada setiap kebuan atau sekretariatan kelompok tani. Hal tersebut merupakan salah satu program unggulan kita yang berguna sebagai penanda kelompok tani yang tersebar di seluruh wilayah Desa Sidomulyo. Hal tersebut juga diharapakan dapat mempermudah pengunjung atau masyarakat yang ingin datang tanpa harus kesulitan dalam mencari stand kebun atau kantor krsekretariatan mereka. Selain itu kelompok 68 memiliki program unggulan lainnya seperti melakukan sosilisasi edukasi pembudidayaan sayur di era modern hingga digital marketing dalam pertanian. Sosialisasi tersebut kita bekerja sama dengans alah satu alumni Universitas Muhammadiyah Malang fakultas pertanian yang telah memiliki karir cemerlang dalam pertanian modern, beliau meruakan salah satu murid pertukaran pelajar di Korea Selatan hanya untuk belajar tentang pertanian.

Lalu sebelum penutupan, selaku kelompok PMM 68 gelombang 6, dengan membawa tema kita membranding hasil tani melalui branding kelompok tani dengan mengunakan media sosial, kelompok 68 juga membuatkan akun email hingga akun media sosial yang diperuntukan untuk Gapoktan Dewoi Murraya untuk meningkatkan iklan atau membranding Desa Sidomulyo, dengan potensi desa bunga mereka agar ekstensinya lebih tinggi di luar wilayah Batu. Kelompok 68 juga membuatkan akun Instagram hingga tiktok dengan tujuan dapat membantu periklanan atau branding dari Gapoktan Dewi Murraya selaku kelompok Tani Desa Sidomulyo terhadap hasil pertanian mereka.

Tidak hanya itu juga memberikan beberapa buah tempat sampah sebagai kenang-kenangan bahkan sebagai bentuk dalam ikut serta menjaga kebersihan wilayah Desa Sidomulyo di salah satu titik poktan yang ada di sana yang memang belum terdapat tempat sampah sama sekali, jadi kita ingin memberikan tempat sampah ini agar kebersihan di wilayah tersebut bisa tetap terjaga dan para pengunjung tidak kesulitan mencari tempat sampah.

Dipengujung agenda, dillakukannya penutupan PMM kelompok 68 Gelombang 6 ini, dengan pihak staff Desa Sidomulyo dan beberapa perwakilan kelompok tani. Acara ini dilakukan di pagi hari dan kelompok 68 sangat berterimakasih terhadap mitra Desa Sidomulyo dan Gapoktan Dewi Murraya yang telah menerima dengan baik dan sudah mengizinkan untuk melakukan program di sana. Memberikan satu cendramata untuk masing-masing mitra sebagai simbol ucapan terima kasih dan kenang-kenangan.

Sekian Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2024 oleh kelompok 68 gelombang 6 mengucapkan bayak terimakasih dan pamit undur diri dari kegiatan pengabdian ini.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top