Kembali Dengan Nama BAALE, Tiga Lagu Siap Memukau Kamu!

Wah denger-denger ada yang kembali bersinar dengan karya musiknya nih, Kawan Muda! Ini saatnya buat bilang welcome back, BAALE! Pasti Kawan Muda udah nggak asing lah ya sama sosok Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan, si multitalenta yang sempat fokus dengan karirnya sebagai aktor, akhirnya kembali lagi dengan karya-karya barunya di dunia permusikan. Muncul dengan nama BAALE di Januari tahun 2024, menjadi awal released-nya tiga lagu sekaligus pada 19 April kemarin.

Sebelum lagu-lagu BAALE beredar, penggemar sengaja dibikin bingung nih dengan kemunculan akun Instagram resmi @baale yang seakan menyampaikan suatu pesan. Sampai akhirnya datang lah Cinta Luka Sempurna, Fortuna, dan Di Bawah Lampu. Ume sendiri langsung ngebut dengerin loh, Kawan Muda. 

Pas banget sama vibes BAALE, menurut Ume, tiga lagu ini kesannya kayak balik lagi ke era 90-an, berasa lagi nostalgia indahnya masa lalu. Hal ini selaras sama keterangan BAALE mengenai musiknya yang diharap bisa dinikmati oleh berbagai generasi.

Rupa-rupanya nih Kawan Muda, nggak cuman nyanyi aja, tiga lagu keren ini ditulis dan diproduseri langsung sama BAALE loh. Dengan menggandeng Hendra Jaya Putra dan Lucky Sarwo, BAALE sukses menciptakan perpaduan lirik dan aransemen musik yang memanjakan telinga para pendengarnya. Terbukti dari banyaknya respon positif atas kembalinya Iqbaal ke ranah musik, juga sambutan baik kepada tiga single terbarunya. 

Banyak pendengar yang merasa puas dengan lagu-lagu yang di-release pada tengah malam ini. Bahkan ya Kawan Muda, ketiga lagu tersebut langsung muncul di tangga lagu platform streaming musik. Kebayang kan seramai apa orang yang menanti-nanti kembalinya Iqbaal dan musiknya?

Warna-warna baru yang disuguhi sama BAALE dalam karyanya, ternyata merupakan karakter yang selama ini jarang dikeluarkannya dalam berlagu. Kalau kata BAALE sendiri, dia memang mengeksplorasi sisi musik dalam dirinya yang selama ini jarang tersalurkan, bahkan karakter ini belum pernah disadari sebelumnya. 

Salah satu peningkatan serta pembaruan berlagu BAALE dapat terlihat pada lagu Di Bawah Lampu yang membubuhkan rap di dalamnya, dan dieksekusi langsung oleh BAALE sebagai rapper. Wah, keren banget nggak sih, Kawan Muda? Ume aja dengernya sampai nggak cukup sekali. Emang ya, bakat tidak pernah menghianati hasil.

Penulis: Areta Rahma S. (UC Are)

Editor: Clarisa Astri P.P (UC Clairie)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top